Ketua DPRD KKT Akui Kesadaran Masyarakat Akan Keberagaman Sangat Tinggi

Adventorial News

Ketua DPRD KKT Akui Bangga, Rakyat Tanimbar Sadar Sungguh Arti Toleransi dan Keberagaman

Saumlaki, CakraNEWS.ID–
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Jaflaun Omans Batlayeri, mengaku bangga dengan masyarakat di KKT.

Pasalanya, masyarakatbyang mendiami bumi bertajuk Duan dan Lolat ini, memiliki kesadaran yang sungguh tentang arti sebenarnya dari sikap toleransi antar umat beragama serta menghargai keberagaman.

Hal ini diakui ketua DPRD sebagaimana pengamatannya. Yang mana masyarakat menunjukan sikap dan perilaku sebagai tuan rumah pelaksanaan event perlombaan akbar Umat Muslim, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Maluku, Tahun 2022.

Dikatakan selama kurang lebih satu minggu pelaksanaan akan berlangsung dan telah berjalab selama 5 hari perlombaan ini.

Hal itu disampaikan dirinya saat ditemui awak media di ruang kerja Gedung Balai Rakyat setempat pada Senin (21/03/2022) lalu.

Jaflaun juga turut memberikan apresiasi kepada Panitia Lokal maupun Panitia Provinsi yang secara sistematik dan elegan telah menjalankan seluruh proses pelaksanaan event MTQ dari awal acara pembukaan, hingga pelaksanaan berbagai mata lomba yang ada dengan baik.

Bukan saja terhadap Panitia MTQ, apresiasi khusus juga turut dilayangkannya kepada seluruh masyarakat Tanimbar sebagai tuan rumah.

Menurutnya, perkembangan responsitas masyarakat, apresiasi masyarakat, dukungan masyarakat dengan menciptakan suasana yang kondusif, maupun terciptanya suasana yang toleran, sangat begitu tampak melalui pola perilaku yang ditunjukan kepada para kafilah sebagai peserta lomba yang berasal dari 10 kabupaten dan kota lainnya di Maluku yang datang ke daerah ini untuk berpartisipasi dalam bermusabaqah.

“Sampai detik ini saya memantau perkembangan responsitas, apresiasi, dan dukungan masyarakat dengan menciptakan suasana yang kondusif, suasana yang toleran, ini sangat nampak sekali. Olehnya itu, sekali lagi saya berikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh masyarakat Tanimbar, teristimewa yang ada di jasirah Kota Saumlaki,” ungkap dirinya.

Ia melanjutkan, sebagai wakil rakyat, dirinya akan mendoakan seluruh proses yang direncanakan, dicita-citakan, dan diikuti oleh pemerintah daerah maupun seluruh masyarakat dari awal pelaksanaan hingga selesainya nanti, agar kiranya dapat terlaksana dan berjalan dengan baik dan sukses sesuai keinginan seluruh pihak. Ditambahkan pula bahwa dirinya percaya sungguh dan yakin bahwa masyarakat Tanimbar adalah masyarakat yang memiliki kesantunan serta sikap toleransi yang tinggi.

“Sebagai Ketua DPRD, saya bangga karena rakyat sudah sangat sadar tentang arti dari toleransi, rakyat sudah sadar sungguh tentang keberagaman keagamaan itu sendiri. Ini adalah performa dan profil yang jarang ditemukan dalam semua event-event yang lain,” imbuhnya.

Ia kemudian meminta agar seluruh masyarakat Tanimbar dapat selalu bersama-sama bergandengan tangan untuk menjaga kestabilan sosial, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dalam proses perlombaan dimaksud, dan sekaligus dirinya mengimbau kepada para Aparat Keamanan, dalam hal ini kepada pihak TNI dan POLRI agar dapat turut menopang cita-cita yang diharapkan, dan dikehendaki bersama.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *