Ketum MOI Ajak Media Online Membesar Bersama Organisasi Media Online Indonesia

Nasional News

CakraNews.Id – Kolaborasi, koorporasi atau yang sering disebut kerjasama, saat ini menjadi hal yang penting sebagai salah satu faktor sukses. Kerjasama dalam bentuk yang positif dapat dipastikan akan menghasilkan hal yang positif pula terutama untuk peningkatan kualitas seorang jurnalis dalam melayani pembacanya.

Hal ini ditegaskan Ketua organisasi Persa Online, Media Online Indonesia (MOI) Rudi Sembiring Meliala melalui pers rilis yang diterima media ini, Jumaat (23/11).

Dikatakan, saat ini, MOI memiliki jumlah anggota 238 dan tersebar hampir diseluruh wilayah Indonesia. MOI akan terus membesar dan bertambah banyak. Jumlah yang banyak dan besar ini jika dapat terkoordinasi dalam satu gerakan yang sama, maka akan berpeluang menjadi wujud sebuah media massa online yang setara bahkan melebihi media besar yang telah ada saat ini.

“Kebersamaan kita dalam bentuk Organisasi dalam Perkumpulan Media Online Indonesia telah kita bentuk dan nyata ada serta bertumbuh pesat hanya dalam hitungan bulan telah beranggotakan ratusan media online,” akui Meliala.

Ditegaskan Meliala, hal Ini cukup sebagai bukti bahwa organisasi ini telah lama dirindukan dan perlu serta penting bagi media online di Indonesia.

Diakui, saat ini, media online bertumbuh bak jamur namun sering tidak disambut gembira dan antusias oleh banyak kalangan. Bahkan dianggap bikin ruwet dan memperburuk wajah jurnalisme Indonesia karena didirikan secara instan oleh orang orang yang rendah modal, dan kualitas dianggap abal-abal dan tidak memenuhi syarat legal formal hukum perusahaan pers.

“Sesungguhnya inilah masa masa keemasan pertumbuhan pers Nasional yang terbesar yang pernah dan tidak akan terhempang dan terus bertumbuh dan bertambah banyak dan besar. Inilah saatnya kita menyambut dengan bangga dan antusias setiap kelahiran Media Online baru,” jelasnya.

Karena ini akan menjadi organ baru menumbuhkan perekonomian, dan berkontribusi bagi perkembangan Indonesia dan dunia, dan bukan menambah beban atau masalah.

Perihal organisasi yang tengah dipimpinnya, MOI didirikan murni berdasar dari kebutuhan bersama para pemilik dan atau pengelola media online untuk menjadi lebih kuat, berkualitas.

Anggota MOI ini sangat beragam dari sisi segmentasi, daerah, kwalitas dan legalitasnya. Ada yang telah memiliki legalitas dan diakui serta terdaftar di Dewan Pers, ada yang masih memiliki web saja. Semua bersatu bersama sama berkolaborasi, bekerjasama dan tidak menjadikan perbedaan itu menjadi masalah.

Meliala mengakui, program bersama dalam bentuk organisasi telah berhasil dibentuk dan tinggal merawat dan membesarkannya. Tapi pertanyaan selanjut adalah, apakah organisasi ini efektif untuk mengangkat keberadaan setiap media anggota agar lebih meningkat pendapatannya sebagai sebuah badan usaha?.

Ada yang menjawab itu adalah tanggung jawab media masing masing, dan bukan tanggung jawab pengurus MOI. Namun jika nanti anggota MOI tutup satu persatu, atau menjadi media yang hidup segan mati tak mau, dan untuk berjuang hidup melakukan segala macam cara yang penting tidak tertangkap basah melakukan kejahatan dan melanggar etika jurnalistik. Tentunya semua pengurus MOI juga akan menanggung malu.

“Harapan kita semua kedepannya Anggota MOI bukannya malah tutup satu persatu tetapi berkembang menjadi lebih besar dan hebat. Kebersamaan kita harus membuat kita tidak hanya kuat dalam organisasi tapi juga harus mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan setiap Media Anggota dan beserta seluruh yang bekerja didalamnya

Meliala mengingatkan, salah satu hal yang selalu serius dibicarakan dalam pertemuan sesama Pengurus MOI adalah upaya bersama menghidupkan setiap Media Online yang telah berdiri ini untuk survive, berkembang dan semakin besar. Harapan dalam kebersamaan di MOI terjadi pertambahan pendapatan untuk digunakan bagi keberlangsungan hidup medianya.

Bagaimana meningkatkan pendapatan ini akhirnya menjadi tantangan bersama yang harus dijawab bersama. Sepertinya ada peluang jika kesulitan bersama ini mau menjawabnya secara bersama sama.

“Jika jawabannya kita mau, maka inilah awal yang baik bagi kita sekalian. Saya yakin seyakin yakinnya bahwa kita akan dapat meningkatkan pendapatan setiap media anggota MOI jika kita bergerak bersama, terkoordinasi, terpimpin, berkolaborasi secara positif satu dengan lainnya,” akuinya.

Beberapa opsi sedang dikaji secara serius dan mendalam, agar kebersamaan kita di MOI sungguh berdampak untuk kelanjutan dan kebesaran dan menambah pendapatan Media kita masing masing.

Banyak hal yang menjadi opportunity, tapi semuanya masih dalan angan dan harapan. Namun kita bisa melihat bahwa harapan untuk meraih keberhasilan bersama semakin dekat dan nyata yang terlihat dari semangat kita semua bergabung di MOI.

Satu syarat untuk kita sukses bersama adalah keterbukaan untuk berkolaborasi, kesediaan terkoordinasi dibawah kepemimpinan DPP, DPW, dan DPC MOI Indonesia adalah modal awal yang besar yang telah kita miliki.

“Semoga tidak lama lagi program baru bagi kita semua akan disosialisasikan, mohon bersabar dan tetaplah setia dalam kebersamaan kita,” imbau Meliala menutup siaran persnya.** CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *