Site icon Cakra News

KOMISI B DPRD DAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP MBD KUNJUNGI BKP-BTR

Lurang, CakraNEWS.ID– Komisi B DPRD Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Maluku Barat Daya, melakukan kunjungan ke perusahaan penambang dan pengolah tembaga, Batutua Kharisma Permai dan Batutua Tembaga Raya (BKP-BTR), di pulau Wetar.

Koordinator Komisi B DPRD MBD, Ever Mozes menyatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari rapat dengan pendapat antara pihaknya dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) pada Januari lalu.

“Saat ini Rabu (13 April 2022), kita melakukan tinjauan dan menemui beberapa warga ternyata yang dilaporkan dan kenyataan tidak sesuai,” kata Ever.

Ever juga mengungkapkan, bahwa kunjungan Komisi B ke BKP-BTR disebabkan adanya laporan dan informasi yang berkembang di masyarakat yang menyebut kegiatan BKP-BTR mengakibatkan pencemaran pada lingkungan.

“Akan tetapi, informasi yang berkembang terkait pencemaran lingkungan tidak terbukti, karena kita sudah mendengar penjelasan langsung dari Tim BKP-BTR yang diperkuat dengan hasil kajian dari Universitas Pattimura, bahwa BKP-BTR malah menciptakan lapangan kerja, bukan mencemari lingkungan” ucap Ever.

Sementara itu, pimpinan tim DLH, Abraham J. Etwiory menjelaskan, maksud kunjungannya ke BKP-BTR terkait pengawasan AMDAL dan monitoring terhadap operasi BKP-BTR, disambut baik oleh Kepala Teknik Tambang Edi Widodo dan Senior Manager External Affairs Dicky Murod bersama tim.

Dalam kesempatan tersebut, kata Abraham, pihak BKP-BTR menyampaikan presentasi dan penjelasan serta memberi kesempatan kepada Komisi B dan tim DLH melihat langsung lapangan penambangan dan pengelolaan lingkungan hidup oleh BKP-BTR yang merupakan anak perusahaan dari Merdeka Copper Gold.

Selain itu, Senior Manager External Affairs Dicky Murod menyatakan bahwa BKP-BTR sangat mengapresiasi Komisi B maupun DLH yang telah bersama-sama memperlihatkan ketaatan kepada tugas dan tanggung jawabnya.

“BKP-BTR sebagai bagian dari komunitas MBD senantiasa menjalankan prinsip-prinsip pertambangan yang baik melalui cara penambangan dan pengelolaan lingkungan hidup terbaik,” tutup Dicky.***CNI-06

Exit mobile version