Kompolnas Apresiasi Dan Dukung, Pelaksanaan Da’i Kamtibmas Kapolri

Nasional

Jakarta,CakraNEWS.ID- Gagasan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (KAPOLRI), Jenderal Polisi , Listyo Sigit Prabowo, melibatkan Organisasi Masyarakat (Ormas) berbasis Islam, untuk bersama dengan Polri menciptkan situasi Harkamtibmas di tengah-tengah masyarakat, di apreasi oleh Komisi Kepolisian Nasional (KOMPOLNAS).

“Kompolnas mengapresiasi rencana program Da’i Kamtibmas yang di gagas oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dengan pelibatan Organisasi-Organisasi Masyarakat (ORMAS) untuk bersama Polri menjaga Harkamtibmas,”tutur Anggota Kompolnas, H. Mohhamd Dawam, S.Hi, MH, yang ditemui wartawan di ruangan kerjanya, Senin (8/2/2021).

Menurut Gus Dawam, sapaan akrab H.Mohhamd Dawam, Harkamtibmas (Pemeliharaan Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat), merupakan kewajiban agama-agama yang ada di Indonesia. Dalam hal ini Dai yang di tunjuk Polri dalam membantu, pemerintahan di dalam protokol kesehatan adalah Da’i-Da’i yang ramah, bukan Da’i-Da’i yang marah.

Maksudnya adalah melalui Da’i-Da’i, yang ramah inilah memberikan suatu nuansa yang baik,memberikan suatu kaidah” bagaimana Da’i memberikan kontribusi kepada Lembaga Negara Republik Indonesia, dengan sebuah dalil yang ada dalam Ushul fiqih yaitu, kajian filsafat hukum Islam, “Maa Laa Yatimmul Waajib, Illa Bihi Fahuwa Waajibun”, ( Suatu Perkara Yang Tidak Sempurna,  Kecuali Dengannya, Maka Perantara Itu Menjadi Wajib Hukumnya”.

“Dalam hal ini Harkamtibmas Hukumnya Wajib di Republik Indonesia. Sebab bila tidak ada Harkamtibmas, sudah tentu program-program keagamaan di Indonesia akan menjadi sia-sia dan tidak maksimal di dalam pelaksanaan keamanan dan ketertiban di masyarakat,”Ucapnya.

Untuk itulah, selaku Anggota Kompolnas, dirinya berharap pelaksanaan Da’i Harkamtibmas ini berlaku bukan hanya diwilayah-wilayah kota-kota besar tetapi berlaku juga siseluruh penjuru tanah air.

“Saya berharap dalam konteks pelaksanaan Da’i  Harkamtibmas bukan hanya di fokuskan kepada satu agama tetapi agam yang lain di Indonesia, sepeeti agama Kristen, Hindu, Budha, juga di hadirkan dalam konteks Harkamtibmas tersebut.Tentunya tujuannya adalah membantu pemerintah dalam menciptakan protokol kesehatan di tengah Pandemi Covid-19. Ini memiliki suatu tujuan dan makna yang sangat baik untuk di kembangan di Negara Republik Indonesia. Apresiasi yang tinggi kepada Polri dalam pelaksaan Da’i Kamtibmas ini, mudah-mudahan Tuhan memberkahi dan memberikan sumbangsi yang baik kepada NKRI,”Pungkasnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *