Site icon Cakra News

Kompolnas: Apresiasi Dan Ucapan Terimakasih, Kepada Jajaran Korlantas Polri Sukses Jalankan Operasi Lilin 2020

CakraNEWS.ID- Operasi Lilin 2020, pengamanan Natal tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, yang berlangsung selama 15 hari terhitung dari tanggal 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021, oleh jajaran Korps Lalulintas Polri di seluruh Indonesia, diapresiasi oleh Komisi Kepolisian Nasional (KOMPOLNAS).

“Dari laporan yang saya dapatkan dan pemantauan langsung di pos-pos pengamanan kewilayahan, Alhamdulilah semuanya berjalan dengan baik dan lancar. Hal tersebut, sebagaimana menjadi salah satu tujuan pelaksanaan operasi lilin 2020,”ungkap Anggota Kompolnas, Irjen Pol (Purn) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, MM, yang ditemui wartawan di ruangan kerjanya, Senin (4/1/2021).

Menurutnya, Operasi lilin tahun 2020 berbeda dengan Operasi Lilin tahun-tahun sebelumnya. Untuk pelaksanaan Operasi Lilin tahun 2020, Korlantas Polri di seluruh Indonesia terlibat langsung untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, melalui langkah pencegahan kerumunan serta pemberiaan rapid test antigen.

Baca Juga: Kompolnas Apresiasi Kinerja Polri, Pada Operasi Lilin 2020 Pengamanan Natal Dan Tahun Baru

“Berkaitan dengan masalah, keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran Berlalulintas (KAMSELTIBCARLANTAS), yang paling di soroti adalah berkaitan dengan masalah kecelakaan lalulintas.  Sesuai dengan informasi yang saya terima saat ini,untuk data laka lantas di tahun 2020 menurun 14 persen bila di bandingkan dengan operasi lilin tahun 2019. Itu berarti bahwa arus lalulintas bisa terkendali dengan baik. Terbukti dengan mobilitas masyarakat yang melaksanakan libur Natal dan Tahun Baru diluar Kota atau di tempat-tempat keramaian, bisa di cegah oleh jajaran Korlantas Polri  di seluruh Indonesia,”Ungkapnya.

Selain itu, ia mengatakan berkaitan tingkat kemacetan pada liburan natal dan tahun baru di beberapa titik pintu gerbang tol mulai dari keluar Jakarta hingga kembali berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu di tempat-tempat wisata tidak terlihat penumpukan dan antrian masyarakat.

Baca Juga: Kompolnas Sampaikan 3 Hal,Pedoman Korlantas Polri Pada Pengamanan Operasi Lilin 2020

“Hal ini sebagaimana adanya intruksi dari Pemerintah Daerah (PEMDA) untuk mencegah kerumunan dan penumpukan masyarakat saat liburan natal dan tahun baru,” ucap Manta Kakorlantas Polri itu.

Pudji menuturkan, ada beberapa catatan Kompolnas, selama pelaksanaan Operasi Lilin 2020 yang dilakukan oleh jajaran Korlantas Polri, diantaranya, semangat jajaran anggota Korlantas Polri di seluruh Indonesia, dalam rangka pelaksanaan pengamanan natal bersinergi dengan para petugas di masing-masing gereja. Sekalipun sudah disampikan bahwa pelaksanaan ibadah natal dilaksanakan secara virtual

“Kompolnas menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada jajaran Korlantas Polri di seluruh Indonesia yang telah melaksanakan Operasi Lilin 2020 dan memampu mengendalikan situasi Kamseltibcarlantas,”Ucapnya.

Baca Juga: Kompolnas Minta Korlantas Polri, Tegakan Hukum Protokol Kesehatan Pelaksanaan Pengamanan Operasi Lilin 2020  

Pudji mengatakan, Kompolnas juga berharap kepada seluruh jajaran Korlantas Polri di seluruh Indonesia untuk bersama Pemerintah, agar dapat mengingatkan masyarakat agar dapat memperhatikan protokol kesehatan, dengan 3 M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Ini salah satu cara untuk mencegah dan mempercepat hilangnya penularan Covid-19. Harapanya di tahun 2021, Korlantas Polri di seluruh Indonesia dapat terus bersemangat meningkatkan kinerja kerja,”Pungkasnya. (CNI-01)    

Exit mobile version