Kompolnas Titip Pesan Dan Ucapan Selamat, Kepada Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Jabat Kapolri

Nasional

Jakarta,CakraNEWS.ID- Tunaikan tugas negara, sebagai lembaga pengawas eksternal Polri, yang bertanggung jawab kepada Presiden, telah dilakukan oleh Komisi Kepolisian Nasional (KOMPOLNAS), dengan memilih dengan baik dan cermat, calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (KAPOLRI).

Kerja keras dilakukan Kompolnas, dengan meminta saran dan masukan dari Tokoh Masyarakat, Akedemisi, LSM, serta para Senior Polri yang tergabung dalam Persatuan Purnawirawan Polri (PP POLRI), hingga akhirnya dapat menyerahkan, 5 nama Jenderal terbaik Korps Bhayangkara Polri, kepada Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo.

Baca Juga: Kompolnas: Jadi Kapolri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Pilihan Tepat Benahi Korps Bhayangkara

Dari ke-5 nama yang diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Prof. Mahfud MD,Ketua Kompolnas, Presiden RI, akhirnya memilih Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, sebagai calon tunggal Kapolri.

Untuk menempati kursi orang nomor satu di Korps Tribarata Polri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, yang merupakan Lulusan Akademi Kepolisian (AKPOL) tahun 1991, harus menjalani Fit dan Propertes oleh Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Sebagai Calon Kapolri, Jenderal bintang tiga, kelahiran Kota Ambon, Provinsi Maluku pada tanggal 5 Mei 1969, dalam pelaksanaan Fit dan Propertest, akhirnya diterima dan disahkan sebagai Kapolri oleh DPR RI pada Kamis (21/1/2021).

Terpilih sebagai Kapolri yang baru, Komjen Pol.Listyo Sigit Prabowo, resmi menggantikan kepemimpinan Jenderal Polisi Idam Azis, yang memasuki masa pensiun pada tanggal 1 Februari 2021.

Baca Juga: Presiden RI, Pilih Jenderal Polisi Kelahiran Kota Ambon-Maluku Jabat Kapolri  

“Kompolnas mengucapkan selamat bertugas dan sukses selalu untuk Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo yang telah dipilih Presiden RI. Ir Joko Widodo untuk menjadi calon Kapolri dan telah disetujui oleh DPR RI menjadi Kapolri terpilih,”ucap Juru Bicara Kompolnas, Poengky Indarti, SH.LLM, kepada wartawan melalui pesan Whatsappnya, Senin (25/1/2021).

Poengky mengatakan, Kompolnas berharap program Transformasi menuju Polri prediktif, responsibilitas dan transparansi (PRESISI) dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Kami melihat tantangan Polri hari ini dan masa mendatang semakin berat, terutama di masa pandemi Covid-19 yang berdampak pada kelesuan ekonomi. Oleh karena itu bagaimana Polri dapat menjaga harkamtibmas di tengah-tengah pandemi Covid-19 dan kelesuan ekonomi adalah tantangan yang harus ditaklukkan Polri, agar masyarakat dapat makin mempercayai Polri,”tutur Poengky.

Baca Juga: Kompolnas Serahkan, Lebih Dari Satu Nama Calon Kapolri Ke Presiden

Peongky menuturkan, dalam segala suasana, Polri harus bisa melayani, mengayomi, melindungi masyarakat dan menegakkan hukum dengan sebaik-baiknya.

“Polri juga tetap harus fokus pada penegakan hukum terhadap kejahatan konvensional, kejahatan transnational (misalnya jaringan narkoba dan jaringan teroris), kejahatan siber serta tantangan terhadap menguatnya intoleransi dan kelompok-kelompok radikal,”Pintanya.

Ia mengatakan, sementara tantangan di internal adalah bagaimana Polri dapat melanjutkan Reformasi Kultural Polri dengan sebaik-baiknya.

“Masyarakat masih melihat adanya anggota yang melakukan kekerasan berlebihan, arogan dan bergaya hidup mewah. Hal tersebut harus dikoreksi. Ada Peraturan-peraturan Kapolri tentang HAM, LHKPN, Barang Mewah dan lain-lain yang harus dilaksanakan oleh pimpinan dan seluruh anggota Polri,”Tegasnya.

Baca Juga: Rapat Bersama Komisi III DPR RI, Ketua Kompolnas Beberkan Nilai Positif Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo

Poengky berharap, profesionalitas anggota juga harus ditingkatkan, terutama dengan memberikan perhatian yang lebih kepada anggota-anggota yang bertugas di wilayah Indonesia Timur. Revolusi Industri 4.0 juga harus menjadi perhatian Polri, sehingga dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat menggunakan teknologi, agar manfaatnya cepat dirasakan masyarakat.

“Masyarakat Indonesia banyak yang terdiri dari perempuan dan  anak-anak. Diharapkan Polri dapat lebih baik lagi melayani, melindungi dan mengayomi perempuan dan anak-anak.”Himbaunya.

Lanjut dikatakannya, Kompolnas berharap kerjasama dan sinergi antara Kompolnas dan Polri semakin erat.

Baca Juga: Kompolnas: Jadi Kapolri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Pilihan Tepat Benahi Korps Bhayangkara

“Kompolnas selaku pengawas fungsional Polri akan berupaya membantu Polri untuk dapat melaksanakan tugasnya mewujudkan harkamtibmas melalui pelayanan, pengayoman, perlindungan masyarakat dan penegakan hukum dengan sebaik-baiknya,” Pungkasnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *