Kunker Ke Maluku, Menkes RI Resmikan RSUP dr J.Leimena

Pemerintahan

Maluku,CakraNEWS.ID- Kunjungan kerja ke Kota Ambon,Provinsi Maluku Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr.dr.Nila Djuwita F.Moeloek Sp.M,meresmikan RSUP dr.J.Leimena,yang barada di Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon,Rabu (16/10/2019).

Informasi yang dihimpun CakraNEWS.ID, di lokasi pengresmian, dalam kunjungan kerja sekaligus pengresmian RSUP Maluku, dr J. Leimena, di Desa Poka, Menteri Kesehatan RI disambut secara langsung oleh Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Drs Murad Ismail di damping Wakil Gubernur, Drs Barnabas Nataniel Orno,Kasdam XVI/Pattimura, Ketua DPRD Provinsi Maluku serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOMPIMDA) Maluku.

Gubernur Maluku dalam sambutan acara pengresmian RSUP dr J.Leimena, menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat datang kepada Menteri Kesehatan bersama rombongan ke Kota Ambon Maluku.

“Atas nama pemerintah provinsi Maluku saya mengucapkan selamat datang kepada  ibu Mentri dan rombongan di kota kami. Beberapa waktu lalu Maluku dilanda gempa dan sampai saat ini masih dirasakan, dan kehadiran ibu Mentri merupakan suatu moril bagi kami untuk keluar dari trauma yang dirasakan oleh masyarakat Maluku khususnya yang merasa efek dari gempa tersebut,”ungka Gubernur.

Jendral Purnawirawan Polri itu itu mengatakan, Maluku terdiri dari sebelas Kabupaten/Kota dan selku Gubernur Maluku dirinya menyampaikan sangat prihatian dengan angka kematian yang cukup tinggi bagiibu-ibu di Maluku saat mengandung dan melahirkan. Olehnya itu selaku Gubernur Maluku dirinya berencana untuk membangun sebuah rumah sakit khusus untuk melayani kesehatan ibu dan anak di Maluku.

“Tingkat kematian bagi ibu yang mengandung sangat tinggi jadi saya berencana membangun sebuah rumah sakit khusus untuk ibu dan anak. Muda-mudahan dengan kedatangan ibu Mentri dan didirikan RSUP dr J.Leimena, sangat membantu masyarakat Maluku. Kami sangat berterima kasih atas dibangunnya rumah sakit ini dan harapannya Maluku yang terkelola secara jujur dan berani yang terdiri dari daerah kepulauan,” tutur Mantan Dankor Brimob Polri itu.

Ia mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Maluku dalam memberantas kemiskin dan mampu mensejahterahkan masyarakat dengan mengaja hasil kekayaaan alam yang dimiliki oleh Maluku.

“Tugas kami sebagai kepala daerah yaitu mampu memberantas kemiskinan, mampu mensejahterakan masyarakatnya dan mampu menjaga hasil kekayaan alam untuk daerahnya,”Tandasnya.

Disisi lain, Menteri Kesehatan RI dalam sambutnya mengatakan, sebanyak 33 rumah sakit yang berada dibawah tanggung jawab Kementerian Kesehatan dan semuanya berkedudukan di berbagai provinsi di Indonesia.

Olehnya itu selaku Menteri Kesehatan RI dirinya berharap adanya kerja sama yang baik dari Pemerintah Provinsi Maluku dengan Kementerian Kesehatan dalam peningkatan kapasitasa rumah sakit yang ada di Maluku.

“Pada hari masih ini, selaku Menteri Kesehatan RI, yang dalam kunjungan kerja ke Kota Ambon,Provinsi Maluku, secara resmi meresmikan RSUP dr J. Leimena. Ini sesuatu hal yang patut dilakukan dalam hal ini pembangunan rumah sakit ini. Kami menyadari daerah di provinsi Maluku merupakan daerah kepulauan dan saya pernah ke daerah yang terluar dari propinsi ini, untuk itu saya merasakan betul bagaimana sulitnya transportasi di daerah tersebut,”tutur dr.Nila Djuwita F.Moeloek

Menkes RI juga meminta kepada Pemerintah Provinsi Maluku agar, dapat menyelesaikan permasalahan perluasan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr M.Haulussy Ambon yang masih terkendala dengan permasalahan kepemilikan tanah yang belum dituntaskan oleh Pemerintah Provinsi Maluku.

“Saya sangat bangga karena kabinet kerja kali ini khususnya kementerian kesehatan dapat membangun rumah sakit di kawasan timur Indonesia khususnya di Kota Ambon. Saya sangat berterima kasih atas niat bapak Gubernur yang mau membangun sebuah rumah sakit khusus ibu hamil yang mau melahirkan dan saya mendukung niat baik dari Bapak Gubernur,”ungkap Menkes RI

Menkes RI berharap, adanya kerja sama yang baik oleh Pemerintah Provinsi Maluku dengan Pemerintah RI dalam peningkatakan kesehatan bagi masyarakat di Maluku, melalui pembangunan rumah sakit yang mampu melayani kesehatan masyarakat dengan baik

“Saya mengucapkan banyak terimakasih atas terjaganya hubungan kerja sama yang baik antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah yang akhirnya kita dapat membangun sebuah rumah sakit di Maluku dengan nama dr. J Leimena yang merupakan salah satu tokoh bangsa asal Maluku yang pernah menjabat sebagai Menteri kabinet Indonesia,” pungkas Menkes RI.

Pengresmian RSUP dr J,Leimena, yang berlokasi di Desa Poka tersebut, dilakukan oleh Menkes RI dengan menyalakan tombol sirine dan penandatangan  prasasti pembangunan RSUP. Selain mengresmikan RSUP dr,J Leimena, dalam kunjungan kerjanya ke Maluku, Menkes RI juga mengunjungi kegiatan bhakti sosial operasi katarak dan pengobatan gratis dari Polda Maluku kepada masyarakat Kota Ambon. (CNI/AF)  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *