Kunker ke Pulau Buru, Pangdam Pattimura Lirik Potensi Bendungan Waeapo

Adventorial News

Kunjungan Kerja (Kunker) ke Bumi Fuka Bipolu, Pangdam Jalani Sejumlah Agenda

Ambon, CakraNEWS.ID– Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M. didampingi Ketua Persit KCK Daerah XVI/ Pattimura Ny. Indah Ruruh A. Setyawibawa dan rombongan berkunjung ke Bumi Fuka Bipulu Kabupaten Buru Selatan, wilayah Kodim 1506/ Namlea, Senin (05/12/2022).

Bertolak dari Bandara Pattimura Ambon, setibanya di Bandara Namrole, Pangdam dan rombongan disambut oleh Dandim 1506/ Namlea, Letkol Arh Agus Nur Fujianto, dan segenap Forkopimda Kabupaten Buru Selatan dilanjutkan pengalungan kain lestari dan tarian penyambutan khas Buru.

Setelah menerima penyambutan di bandara, Pangdam kemudian menuju kantor Bupati Buru Selatan yang dilanjutkan kegiatan silaturahmi dengan Bupati Buru Selatan dan jajaran. Silaturahmi ini guna meningkatkan sinergi bersama pemerintah Kabupaten Buru Selatan, terutama soal kemananan dan kesejahteraan.

Usai kegiatan silaturahmi, Pangdam dan rombongan kemudian menuju Bendungan Waeapo untuk melakukan peninjauan. Bendungan Waeapo ini merupakan proyek strategis nasional yang berlokasi di Kabupaten Buru yang mulai dikerjakan pada tahun 2017. Sesuai perencanaannya, proyek Bendungan Waeapo akan mengairi 10.000 hektare sawah di Pulau Buru dan menghasilkan air baku dengan debit 0,5 m3/detik, serta dapat mereduksi banjir 557 m3/detik.

Di sela- sela kunjungannya, Pangdam mengatakan selain sebagai sumber irigasi sawah dan mereduksi banjir, menurut mantan Kabinda Aceh ini, bendungan tersebut dapat dijadikan sebagai objek wisata. “Banyak manfaat dari adanya Bendungan Waeapo ini , misalnya sebagai potensi objek wisata yang mampu menggugah perekonomian masyarakat sekitar,” kata Pangdam.

Melanjutkan agenda kunker, Pangdam dan rombongan kemudian berkunjung ke tempat penyulingan minyak sereh yang ada di Namlea milik dr. Helmy. Sereh ini merupakan tanaman yang mempunyai banyak khasiat. “Saat ini tanaman sereh menjadi salah satu tanaman unggulan yang dibudidayakan dan mempunyai nilai ekonomis, khususnya dalam budidaya dan pengelolaannya,” kata Pangdam.

Dalam kunjungan kerjanya , Pangdam juga diagendakan memberikan jam pimpinan di Makodim 1506/ Namlea dan malam silaturahmi bersama Forkopimda Kabupaten Buru Selatan. Sejumlah pejabat yang turut mendampingi dalam kunker ini diantaranya, Danrem 151/ Binaiya Brigjen TNI Maulana Ridwan, beberapa Asisten Kasdam XVI/ Pattimura dan Kasi Ops Kasrem 151/ Binaiya. CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *