Menginjak Usia 56 Tahun, Itjen Kemenkumham Perkuat Peran Pengawasan Internal

Nasional

Jakarta,CakraNEWS.ID- Bertepatan dengan Hari Jadi Inspektorat Jenderal (Itjen) ke-56 Tahun, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melalui Itjen mengadakan acara Penguatan Peran Pengawasan Internal Inspektorat Jenderal dalam Menjaga Keagungan Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2022, Kamis (3/11/2022).

Bertajuk “APIP BerAkhlak, Kemenkumham Bermartabat”, acara yang diselenggarakan di Aula Oemar Seno Adji ini merupakan bentuk apresiasi terhadap instansi atau lembaga mitra yang telah mendukung kinerja pelaksanaan pengawasan. Dengan adanya keberhasilan kinerja ini membawa Itjen dapat mempertahankan surveillance sertifikasi internasional ISO 37001 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan selama tiga tahun berturut-turut.

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna H. Laoly menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Itjen yang telah bekerja sepanjang 2022 dan senantiasa berupaya memberikan kontribusi terbaik bagi Kemenkumham.

“Dalam kementerian, Itjen tidak hanya berperan sebagai pengawas. Namun, juga bertindak sebagai center of excellence, yang secara berkelanjutan melaksanakan peran sebagai quality assurance, consulting, dan strategic partner dengan lebih banyak mengedepankan fungsi memberikan pendampingan dan konsultasi dibandingkan dengan pemeriksaan untuk mencari temuan/kesalahan,” lanjut Yasonna.

Setali tiga uang dengan sambutan Menkumham, Inspektur Jenderal Kemenkumham, Razilu juga memaparkan program-program unggulan beserta capaian yang diperoleh dalam rangka memberikan arahan penguatan peran Itjen.

“Kepada seluruh ASN Kemenkumham, mari wujudkan Kemenkumham Bermartabat melalui Aktualisasi Core Value BerAkhlak pada diri sendiri dan satuan kerja masing-masing,” pesan Razilu.

Bersamaan dengan penganugerahan Penghargaan Itjen ini, juga diselenggarakan launching inovasi program unggulan “Panca Program Unggulan 2023”. Dengan adanya program ini diharapkan dapat melahirkan inovasi-inovasi yang dapat menjadi tools dalam meningkatkan kinerja Itjen.

Di akhir sambutan, bersamaan dengan persiapan KTT G20, Menkumham juga mengimbau seluruh pihak untuk turut menyukseskan presidensi G20 Indonesia dengan mewujudkan keagungan dan memperkuat organisasi Kemenkumham. *CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *