Site icon Cakra News

Momentum 49 Tahun HKG, Bupati SBT Lantik Pengurus PKK Masa Bhakti 2021-2026

Bula, CakraNEWS.ID– Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Mukti Keliobas menghadiri acara puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-49 sekaligus melantik dan mengukuhkan Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten SBT Masa Bakti 2021-2026 di Gedung Serbaguna Dinas Kesehatan SBT, Jumat (18/02/2022).

Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur, Kapolres SBT Andre Sukendar, Kajari SBT Muhammad Ilham, Pj. Sekretaris Daerah Jafar Kwairumaratu, Ketua TP PKK SBT Yulia Misa Keliobas, Wakil Ketua TP PKK SBT Hayati Rumalutur, Ketua Darmawanita Persatuan Yati Kwairumaratu, Ketua Bhayangkari SBT, Ketua Dharmayukti Karini SBT, Ketua Persik Kartika Candra Kirana SBT, Pimpinan OPD Lingkup Pemda SBT, Pengurus TP PKK SBT, Para Camat, Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten SBT, dan Stakeholder lainnya.

Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dalam sambutannya menyampaikan, Sebelumnya telah dilaksanakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dimana ditetapkan tujuan sasaran dan strategi capaian dan cita-cita dan visi organisasi.

“Salah satu ketetapan Rakerda yakni ditetapkan struktur dan kepengurusan PKK Kabupaten SBT Masa Bhakti 2021-2021,” ucapnya.

Dikatakan Keliobas, Didalam kepengurusan baru mungkin terjadi pertukaran anggota pergeseran pengurus purna bakti dan jajaran atau pengurus yang baru dalam struktur.

Kondisi tersebut. Lanjut Keliobas, merupakan sebuah hal yang lumrah dalam dinamika sebuah organisasi selain itu tujun mendasar yang ingin dicapai adalah kerja yang dinamis sehingga memiliki semangat teriktivitas dan bekerja.

“Saya yakin Sumberdaya Manusia (SDM) PKK Kabupaten SBT adalah kualitas yang terbaik mumpuni dan tangguh,” harapnya.

Selain itu Keliobas juga mengharapkan, pada pelaksanaan HKG ke-49 sekaligus Pelantikan dan Pengukuhan PKK Kabupaten SBT, dengan digelar kegiatan tersebut menjadi semangat baru dalam pengabdian membangun masyarakat menuju SBT yang lebih maju berdaya saing dan sejahtera.

“Atas nama pemerintah daerah saya mengucapkan selamat dan sukses atas terlaksananya rapat kerja, pengukuhan pengurus dan peringatan HKG ke-49 PKK semoga rangkaian kegiatan ini dapat membawa dampak perubahan yang lebih signifikan terhadap pencapaian kerja TP PKK dalam lima tahun kedepan,” kata Bupati memberikan ucapan kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten SBT yang baru dilantik.

Dikatakan Bupati dua periode ini, Dalam momentum peringatan HKG ke-49 merupakan sebuah koreksi dan eksistensi PKK dimasa mendatang.

“Bangunlah kader-kader kita disemua tingkatan sehingga dapat memahami tema yang diusung yaitu keluarga pelopor perubahan menuju indonesia meju,” harapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten SBT Ny. Yulia Misa Keliobas dalam membacakan sambutan Ketua Umum PKK pusat mengungkapkan, Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK merupakan momentum yang sangat mendasar, serta memiliki arti penting dan strategis dalam implementasi 10 program pokok PKK yang dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa dalam satu tujuan yaitu masyarakat yang berdaya dan sejahtera.

“Pelaksanaan HKG ke-49 dengan tema “Keluarga pelopor perubahan menuju indonesia meju” pelopor perubahan memberi makna TP PKK dan seluruh kader di pelosok Nusantara,” ucap Misa dalam sambutanya.

Ia menegaskan, salah satu tujuan yang akan dilakukan oleh gerakan PKK kedepanya yaitu keluarga mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi, dan lingkungan hidup.

“Makna lainya bahwa gerakan PKK bukan semata menempatkan keluarga sebagai objek atau sasaran program pemerintah akan tetapi gerakan PKK adalah gerakan yang mampu menginisiasi keluarga-keluarga indonesia melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik lagi sebagai mana tujuan pembangunan nasional,” jelas Ketua Umum TP PKK Pusat dalam sambutan yang di bacakan Ketua TP PKK SBT.

Dalam acara pelantikan juga dilakukan penandatanganan Berita Acara Pelantikan dan Pengukuhan oleh Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas. Selain itu, Selebrasi Puncak Peringatan HKG PKK Ke-49 ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Ketua TP PKK SBT Misa Keliobas bersama perwakilan organisasi perempuan lainya.

Dilanjutkan dengan memberikan hadiah bagi pemenang perlombaan. Adapun pemenang lomba yakni dalam memenangkan 10 program Pokok PKK tingkat Kabupaten SBT.

Diman juara umum I diraih oleh Desa Kilfura Kecamatan Seram Timur, Juara II diraih oleh Naiwel Ahinulin Kecamatan Siwalalat, Juara III diraih oleh Desa Bemo Kecamatan Werinama, Juara harapan I oleh Desa Silohan Kecamatan Bula Barat, Juara harapan II oleh Kurwara Kecamatan Kesui-Watubella dan Juara harapan III oleh Desa Walang Tengah Kecamatan Tutuk Tolu.

Untuk diketahui, dengan gelar juara umum satu yang diraih oleh Desa Kilfura Kecamatan Seram Timur mampu mewakili Kabupaten SBT pada lomba 10 Program Pokok PKK di tingkat Provinsi Maluku.

Kemudian, acara disambung dengan penampilan salah satu penyanyi lokal asal Maluku Ona Hetharua dimana dalam kesempatan itu Ona Hetharua mampu memberikan lagu-lagu terbaiknya untuk menghibur Pengurus PKK Kabupaten SBT dan undangan lainya.***CNI-08

Exit mobile version