Operasi Keselamatan 2019, Turunkan Angka Lakalantas  di Kota Batam

Militer Polri

Kepri,CakraNEWS.ID- Pelaksanaan Operasi Keselamatan yang berlangsung dari tanggal 29 April hingga 12 Mei tahun 2019 berhasil menurunkan angka kecelakaan lalulintas di Kota Batam.  Yang mana berdasarkan cacatan penanganan  tingkat kecelakaan lalu lintas dari Satuan Lalulintas Polresta Barelang tercatat Operasi Keselamatan 2019 berhasil menurunkan tingkat kecelakaan lalulintas yang sangat signifikasi bila dibandingkan dengan tahun 2018

“Untuk penanganan angka kecelakanaan lalulintas yang ditangani oleh Satlantas Polrest Barelang tahun 2018 hingga 2019 tercatat,  di tahun 2018 dengan waktu pelaksanaan selama 21 hari dengan jumlah kejadian sebanyak 29 kejadian, sedangkan di tahun 2019 hanya 5 kejadian dengan waktu pelaksanaan hanya 2 minggu. Untuk data Laka Lantas, korban meninggal dunai di tahun 2018 tercatat sebanyak 6 orang sedangkan di tahun 2019 tidak ada (0). Untuk korban luka berat di tahun 2018 tercatat sebanyak 7 orang dan di tahun 2019 tidak ada (0). Kobrnan luka ringan di tahun 2018 sebanyak 26 orang dan di tahun 2019 sebanyak 7 orang.  Sedangkan untuk korban material di tahun 2018 tercatat sebesar Rp 59.700.000 dan di tahun 2019 sebesar Rp 330.000 dengan presentasi penurun sekitar 100 %,”ungkap Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu,S.IK, yang ditemui CakraNEWS.ID diruangan kerjanya, Senin (13/5/2019).

Ia mengatakan, pada pelaksanaan Operasi Keselamatan dengan fokus pada 8 prioritas permasalaha, dilakukan oleh Satlantas Polresta Barelang dengan mengendepankan sistem Hunthing.

“8 priotitas dari Kakorlantas Polri pada Operasi Keselamatan dilakukan oleh Satlantas Polresta Barelang dengan sistem Hunthing, yang mana dilakukan dalam bentuk Patroli. Dan bila menemukan pelanggaran-pelanggaran yang kasat mata langsung dilakukan penindakan yang tidak hanyak pada kegiatan stasioner,”tutur Putu Bayu

Ia mengatakan, selain menggunakan sistim Hunthing, Satlantas Polresta Barelang juga, pada pelaksanaan operasi keselamatan juga mengedepankan langkah edukatif yang bersifat teguran.

“Untuk penanganan masalah pengendara di bawah umur, Satlantas Polresta Barelang telah melakukan pendekatan secara eduksi kepada pihak-pihak sekolah melalui arahan selaku pemimpin upacara yang berlangsung  setiap hari Senin dengan menghimbau hal-hal yang berkaitan Kamseltibcar Lantas. Serta penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Dinas Pendidikan Kota Batam,” Ucapnya.

Ia mengatakan, untuk MoU yang dilakukan oleh Satlantas Polresta BArelang dengan Dinas Pendidikan Kota Batam, lebih mengarah kepada kegiatan pre-entive. Yang sudah tentunya lebih mengarah kepada pihak Sekolah agar dapat menghimbau kepada para pelajar yang membawa kendaraan untuk wajib menaati beberapa aturan lalulintas berupa menggunakan helm saat berkendaraan serta mengunakan Sefty Belt. Selain itu pula para pelajar juga diberikan pamahaman mengenai aturan-aturan rambu-rambu lalulintas serta larang.

“Selama ini untuk sosialisasi keselamatan yang dilakukan oleh Satlantas Polresta Barelang di setiap sekolah-sekolah di Kota Batam sangat  mendapat respon positif dari para guru maupun pelajar yang ada di Kota Batam. Hal ini dilakukan oleh Satlantas Polresta Barelang sebagai bentuk kepedulian untuk menyelamatkan para pelajar sebagai generasi penerus bangsa yang sangat rentan mengalami kecelakaan lalulintas,”Ungkapnya.

Lanjut dikatakannya, selain sosialiasi keselamatan di sekolah-sekolah, Satlantas Polresta Barelang juga melakukan kerja sama dengan dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Bina Marga berkaitan dengan perbaikan fasilitas jalan yang sering kali menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan.

“Selain sosialisai keselamatan di sekolah-sekolah, Satlantas Polresta Barelang juga bekerja sama dengan Dinas PU dan Bina Marga untuk perbaikan sarana dan prasarana di jalan. Dimana untuk operasi keselamatan ini akan dilanjutkan dengan Operasi Ketupat Seligi 2019. Selain itu juga untuk menurunkan tingkat Lakalantas serta meminimalisir pelanggaran lalulintas, Satlantas Polresta Barelang juga memasang spanduk himbauan disetiap ruas jalan di Kota Batam, serta patroli rutin ditempat-tempat keramaian,Sekolah dan Masjid,”Pungkasnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *