Site icon Cakra News

Peduli Lingkungan di Maluku, Pangdam XVI/ Pattimura Tanam 1.000 Pohon Di Dua Lokasi di Kota Ambon

Maluku,CakraNEWS.ID- Satu dunia, satu kehidupan dan satu kesempatan untuk menjaganya dari kerusakan lingkungan. Sebuah slogan kepedulian lingkungan dari Kodam XVI/ Pattimura dalam menjaga dan melestarikan keindahan alam dari kerusakan lingkungan yang sering dilakukan oleh perilaku manusia yang tidak perduli pada keberlangsung hidup.

Olehnya sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian alam lingkungan, melalui momentum peringatan HUT TNI ke-74 pada tanggal 5 Oktober 2019, dilakukan oleh Kodam XVI/Pattimura dengan menggelar program penghijauan lingkungan berupa penanaman 1.000 pohon di lahan sekitar Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon dan Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon, Kamis (19/9/2019). Penamanan 1.000 pohon tersebut dipimpin langsung oleh Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq didampingi Ketua Dharma Pertiwi Daerah Q Ny. Nida Marga Taufiq.

Kegiatan penghijauan yang diinisiasi Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq tersebut, juga dimaksudkan sebagai upaya mengembalikan kejayaan Provinsi Maluku yang sudah lama dikenal memiliki segudang kekayaan khas berupa potensi keindahan alam, dan aneka tanaman legendaris atau pohon-pohon langka yang bernilai ekonomi tinggi diantaranya pohon pala, cengkeh, samama, pohon kayu besi, pohon linggua dan pohon torem.

Sejak diinisiasi Mayjen TNI Marga Taufiq pada awal 2019 hingga saat ini sudah lebih dari 2500 bibit pohon yang telah ditanam di seluruh wilayah jajaran Kodam XVI/Pattimura.

Inisiatif penanaman pohon ini, tegas Mayjen TNI Marga Taufiq akan terus dilanjutkan sehingga secara kuantitas akan lebih banyak lagi pohon yang tumbuh di masa depan.

Olehnya itu sebagai salah satu tugas dan peran utama TNI di masa damai adalah menjaga ketahanan nasional, dalam hal ini menyangkut ipoleksosbudhankam, salah satunya dengan kegiatan penghijauan.

Penghijauan sebagaimana diketahui sangat berpengaruh dalam kemaslahatan dan kesejahteraan bagi seluruh manusia di sini dan dimanapun.

Beragam jenis pohon ditanam dalam aksi bertema “Satu Dunia, Satu Kehidupan dan Satu Kesempatan Untuk Menjaganya”, diantaranya pohon seperti palaka, sukun, samama, miranti, kenari, cempedak, durian, bakau dll.

Kegiatan yang dimotori Kodam XVI/Pattimura dengan menggandeng Kampus IAIN dan Paguyuban Budiasi di Ambon ini, juga merupakan program Serbuan Teritorial yang dilaksanakan selama dua bulan yaitu pada bulan September dan Oktober 2019.

“Dari berbagai rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT TNI ke-74, kita fokuskan ke penghijauan, secara serius. Kita lakukan kegiatan secara lokal tapi semoga ini akan berdampak pada kepentingan global,” Tutur Pangdam

Tema ini dipilih dengan harapan besar agar bisa memunculkan semangat sadar lingkungan pada masyarakat Maluku khususnya generasi muda dari semua elemen yang berada di Pulau Ambon. Disamping juga bertujuan mengembangkan dan meningkatkan program penghijauan Pemerintah di Bumi Raja-Raja.

“Melalui kegiatan ini, kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta menanam sekaligus memelihara pohon-pohon termasuk pohon mangrove yang ada di Teluk Ambon,” kata Pangdam.

Jenderal bintang dua berharap, melalui penanaman 1000 pohon semua tanaman penghijauan itu dapat tumbuh dengan subur dan dapat menghijaukan lingkungan di wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara. (CNI-01)

Exit mobile version