Pelajar Di Ambon Belajar Matematika Metode GASING Dari Pakar

Adventorial Pendidikan

Ambon, CakraNEWS.ID– Pengalaman berharga didapatkan ribuan siswa tingkat SD dan SMP bersama para guru di kota Ambon ketika diajarkan Matematika dengan metode Gampang, Asyik, dan Menyenangkan (GASING) oleh pakar matematika dan fisikawan ternama, Prof. Yohanes Surya.

Kegiatan Belajar Matematika dengan metode Gampang, Asyik, dan Menyenangkan (Beta Gasing) tersebut, dilaksanakan Rabu (1/9/2021) secara virtual, dan merupakan rangkaian kegiatan menyongsong HUT Ke-446 Kota Ambon.

Walikota Richard Louhenapessy, dalam sambutannya saat membuka kegiatan menyatakan, tujuan dilaksanakan Beta Gasing adalah untuk peningkatan kualitas pendidikan di kota Ambon, yang saat ini masih berlangsung secara daring dari rumah masing – masing karena Pandemi Covid-19.

“Pembelajaran secara daring inilah yang menjadi hambatan sekaligus tantangan bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dalam upaya meningkatkan atau setidaknya menjaga kualitas dan mutu pendidikan, sebagaimana saat pembelajaran tatap muka dilakukan,” ungkapnya.

Dikatakan, Matematika kerap dianggap mata pelajaran yang menakutkan bagi siswa, sehingga sulit dipahami baik dalam pembelajaran tatap muka, apalagi secara daring.

“Dalam pembelajaran secara daring, kebanyakan tugas siswa dikerjakan oleh orang tua, karena siswa tidak mampu mengerjakan sendiri,” terangnya.

Pemkot Ambon sendiri, kata Walikota, sejak 2012 telah bekerjasama dengan Prof. Yohanes Surya dan Surya Institute, dalam gerakan Ambon Pandai Matematika. Program ini dilaksanakan dengan mengirimkan guru untuk belajar metode Gasing. Kerjasama itu terus berlanjut dengan program Genius, yakni mengirim siswa terpilih yang belajar langsung di Surya Isntitute, serta pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi untuk dididik sebagai Guru Masa Depan.

“Semua ini dilakukan untuk menghasilkan generasi muda Ambon yang cerdas dan brilian serta tangguh nantinya dalam menghadap[ tantangan perubahan zaman,” tandasnya.

Sementara itu, Prof. Yohanes Surya dalam pengalamannya bekerjasama dengan Pemkot Ambon, meyakini anak- anak Ambon memiliki kecerdasan dan mampu bersaing dengan anak – anak dari kota besar lain. Oleh karena itu, dengan metode pembelajaran yang baik anak – anak Ambon akan bertumbuh menjadi anak – anak yang tangguh di masa depan.

“Saya percaya ketangguhan anak – anak Ambon, salah satunya berawal dari pendidikan yang berkualitas,”pungkasnya. (MCAMBON)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *