Pemda Malteng Terima Piagam Penghargaan, Dari Menteri Keuangan RI

Pemerintahan

Malteng,Maluku– Satu lagi piagam penghargaan yang di terima oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah dari Menteri Keuangan RI, berupa Opini Wajar Tanpa Pengecualian (Opini WTP) atas laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten berjuluk Pamahanunusa tahun anggaran 2017.

Penghargaan Opini WTP tersebut di terima langsung oleh Bupati Malteng Tuasikal Abua, SH, dan di dampingi Plt Sekda DR. Rakib Sahubawa, yang di serahkan oleh Menteri Keuangan RI, melalui kepala Kantor Ditjen Perbendaharaan Negara Perwakilan Provinsi Maluku, pada Sabtu, (27/10/2018) yang berlokasi di pelataran kantor Bupati, dan disaksikan semua pimpinan OPD maupun ASN di jajaran Pemda Malteng dalam apel pagi.

Pada penyerahan piagam penghargaan tersebut, juga  dilakukan pelaksanaan Launching Proyek Perubahan Diklat PIM IV PNS di lingkup Pemda Malteng tahun 2018.

Bupati Tuasikal Abua dalam sambutannya pada kegiatan penyerahan Piagam Penghargaa dan Launching Proyek Perubahan tersebut, mengatakan Pemda Malteng dan jajarannya sangat menyambut baik penyerahan piagam penghargaan Opini WTP maupun Launching Proyek perubahan para siswa PIM IV.

“Penghargaan yang di berikan Menteri Keuangan RI, akan selalu memotifasi pemerintah daerah dan seluruh jajarannya dalam penyelenggaraan pengelolaan keuangan secara lebih baik, efektif, efisien, transparan dan akuntabel sesuai amanat Undang-Undang (UU) yang berlaku.Pasal 18 UUD 1945 dan UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah akan selalu menjadi payung dalam menyeleng garakan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berwibawah,” ungkap Tuasikal.

Dikatakan, kendati demikian penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berwibawah akan terpenuhi apabila setiap proses penyelenggaraan pemerintahan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban akan di laksanakan secara sistematik, terpadu, efisien dan berkualiras oleh semua jajadan di Pemda Malteng.

“Maluku Tengah menjadi nominator perencanaan terbaik di provinsi Maluku dan masuk dalam urutan 14 ditingkat Nasional dari 397 kabupaten/kota yang ada di Indonesia hingga periode 2018. Dengan demikian melalui prestasi yang di bilang cukup gemilangomo, Pemda Malteng akhirnya memperoleh kembali piagam penghargaan pembangunan daerah dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional,”Ucapnya.

Diungkapkannya, hal ini sangat di sertai dengan pertanggungjawaban keuangan sejak tahun 2015 sampai 2017 menjadikan pemda malteng memperoleh penghargaan Opini WTP atas laporan keuangan pemda Malteng dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI).

“Semua penghargaan yang di terima tersebut bukan tanpa makna dan ikhtiar, kalau capaian itu merupakan hasil kerja keras dari semua jajaran pemda tanpa kecuali,”Ungkapnya

Dikatakannya kalau APBD merupakan milik rakyat yang harus di pertanggungjawabkan kembali kepada rakyat melalui penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik.

Ada beberapa aspek utama yang harus  disikapi meliputi aspek tata kelola pemerintahan yang terus di perbaiki kualitasnya, aspek pelayanan publik bahkan penataan dan pengelolaan asset daerah yang perlu di tingkatkan.

Menyikapi hal ini Tuasikal berharap agar pimpinan OPD dan jajarannya agar selalu tingkatkan disiplin, budaya kerja dan prestasi kerja dengan selalu berinovasi dalam penyelanggaraan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan maupun pember dayaan masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat di Malteng.

“Selaku Bupati Malteng,saya sangat mengapresiasi berbagai karya dan inovasi para peserta PIM IV angkatan 20 tahun 2018 dari jajaran pemda malteng agar melalui menjadi motivasi PNS lain yang ada di bumi Pamahanunusa,”Pungkasnya

Tuasikal juga berharap agar peserta PIM IV harus memiliki komitmen dan integritas yang tinggi dalam melaksanakan tugas-tugas dan amanah yang di percayakan pemda dalam pengabdiannya kepada masyarakat dan daerah ini.  (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *