Pemkot Ambon Lepas Calon Jamaah Haji

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena melepas Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Ambon untuk menunaikan ibadah Haji ke tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

Pelpasan CJH yang berjumlah 162 orang dilakukan Sabtu (18/6/2022) di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, kawasan Tantui – Ambon.

Penjabat dalam sambutannya mengatakan bahwa sesuai amanat UU Nomor 8 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan Haji dan Umrah, maka penyelenggaraan Ibadah Haji merupakan tugas nasional yang menjadi tanggungjawab pemerintah secara berjenjang hingga tingkat daerah dibawah koordinasi Kemenag.

“Oleh sebab itu dalam pelaksanaannya dibutuhkan jaminan atas pelayanan, pembinaan, dan perlindungan yang baik agar setiap CJH dapat menjalankannya dengan tertib, aman, dan nyaman. Hal inilah yang yang menjadikan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon turut memiliki tanggungjawab bersama untuk memastikan penyelenggaraan ibadah Haji dapat terlaksana dan terlayani secara baik,” ungkapnya.

Dijelaskan, dalam rangkaian fasilitasi penyelenggaraan ibadah Haji Kota Ambon tahun 2022, Pemkot melalui koordinasi bersama Kemenag Kota Ambon berpartispasi memberikan dukungan meliputi pelaksanaan manasik Haji, pelayanan kesehatan, vaksinasi, akomodasi dan konsumsi di Asrama Haji, pendampingan CJH pada proses embarkasi dan debarkasi serta pemberian uang saku.

“Saya berharap fasilitas dan dukungan pemkot yang diberikan kepada CJH Kota Ambon tidak dilihat dari besar atau kecilnya, namun sebagai bentuk perhatian dan kepedulian Pemkot bagi warganya yang menjadi tamu – tamu Allah SWT, di tanah suci,” terang Wattimena.

Kepada CJH Penjabat mengingatkan bahwa ibadah Haji terdiri dari serangkaian ibadah tertentu yang wajib dilaksanakan sesuai ketentuan syariat Islam. Untuk itu semua CJH Kota Ambon dihimbau untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat secara disiplin, dengan mengatur pola makan, minum dan istirahat yang cukup.

“Demikian juga dengan budaya tolong-menolong dan saling menjaga di tanah suci, saya harapkan CJH Kota Ambon dapat menjadi panutan dan teladan yang baik diantara sesama jamaah dan mewujudkan Ukuwah Islamiyah, mempererat tali persaudaraan, saling peduli, dan mengikuti segala ketentuan dan tata tertib dalam penyelenggaraan ibadah Haji,” tandasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya kuota CJH Kota Ambon yang berjumlah 165 orang, namun tiga orang diantaranya gagal menunaikan ibadah haji tahun ini, sehingga kouta mereka diisi oleh CJH dari kabupaten/kota lain di Maluku.*** CNI-04 | MCAMBON

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *