Peringatan Hari Juang Kartika ke-73 di Maluku

Militer TNI

Maluku,CakraNEWS.ID- Meski terik matahari begitu panas, upacara peringatan Hari Juang Kartika (HJK) ke-73 Tahun 2018 di Lapangan Merdeka Ambon, Maluku tetap berlangsung khidmat dan Semarak. Peserta upacara terdiri dari anggota TNI, Polri, Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI, Tagana dan Satpol PP Provinsi Maluku,Sabtu (15/12/2018)

Hari Juang Kartika pada hakekatnya dilandasi sebuah peristiwa bersejarah dan penting dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan yang terjadi 73 tahun silam di kota Ambarawa, yang kemudian peristiwa itu dikenal dengan sebutan “Palagan Ambarawa”.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto sebagai Inspektur Upacara pada kesempatan itu membacakan Amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa. Hari Juang Kartika Tahun 2018 mengusung tema “TNI Angkatan Darat Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat”.

Kepala Staf Angkatan Darat dalam amanatnya mengatakan, selaku generasi penerus, kita wajib menjadikan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat sebagai pendorong dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks serta dinamis.

“Saya mengajak agar momentum peringatan Hari Juang Kartika kita manfaatkan untuk melakukan introspeksi serta koreksi diri dan selanjutnya menatap lurus ke depan guna memantapkan langkah bersama guna mewujudkan TNI AD yang kuat, tangguh, modern dan profesional” ujar Kasad.

Usai upacara HJK, dilanjutkan Defile Pasukan dan Ranpur. Selain itu juga digelar berbagai kegiatan bahkti sosial, berupa donor darah, khitanan massal, dan pembagian kunci rumah, pembagian 250 tas serba guna kepada pelajar se-Kota Ambon.

Di akhir acara, Pangdam XVI/Pattimura memberikan penghargaan bagi Prajurit Kodam XVI/Pattimura yang berprestasi diantaranya Sertu (K) Cornelis (Juara AARM ke 28 di Malaysia) dan Prada Fajar, Serda (K) Mirrah Magdalena Agaki, Pratu Mariyo, Kopda Fangklen, Praka Alexander Inuhan, Sertu Hangga Syahputra, Kopda Lutfi Marasabessy dan Pratu Yovan Titioka yang mengikuti Yongmoodo Kasad Cup 2018 di Bali beberapa waktu lalu. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *