Polda Kepri Siagakan 285 Personel Gabungan, Siap Amankan Event Tour De Bintan

Polri

Kepri,CakraNEWS.ID-  Sebagai tuan rumah pelaksanaan event Tour De Bintan 2022, yang berlangsung pada tanggal 14, 15 dan 16 Oktober 2022, Polda Kepri menyiagakan personel pengamanan sebanyak 285 personel.

“Sebanyak 285 personel disiapkan untuk pengamanan Tour de Bintan. 285 personel pengamanan yang di siagakan terdiri dari,  182 personel cadangan polres bintan 35 personel memegang hp zoom meeting secara live di posko, 71 personel  Dishub, Pol pp 64, Brimob 31 (sterilisasi venue start/finish), TNI 15, personel Security PT.BRC 30 personel. Selain itu juga akan di siagakan 5 personel Ditlantas Polda Kepri,  10 personel Bid TIK  yang bertugas untuk menyiapkan video tron 8×4, 5 personel Bid Humas Polda Kepri yang betugas untuk  mengawaki one broadcast system (penyiaran satu suara biar tidak ada berita yang tidak berimbang dilapangan), Obvit sarpras beserta operator 8 personel,”ungkap Kapolres Bintan dan pemaparan dari Kapolres Bintan Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono, dalam pemeparan situasi pengaman kepada Kapolda Kepri, Irjen Pol, Arif Budiman, Minggu (9/10/2022).

Selaku penanggung jawab pengamanan Tour de Bintan, AKBP Tidar Wulung Dahono menjelaskan, untuk pelaksanaan Tour de Bintan akan di ikuti oleh 946 yang berasal dari 40 Negara terdiri dari 800 pria dan 146 wanita. Para peserta akan melewati 15 persimpangan disepanjang rute.

Di kesempatan yang sama, Kapolda Kepri, Irjen Pol Aris Budiman dalam arahannya mengatakan, selain fokus ke pengamanan, juga harus memperhatikan faktor keselamatan seperti kesiapan ambulans, tenaga medis dan rumah sakit. Selain itu kesiapan sarana dan prasarana sangat penting seperti ranmor yang digunakan, termasuk sterilisasi yang dilakukan oleh anggota Sat Brimob.

“Lakukan simulasi jika terjadi kecelakaan, simulasikan berapa lama upaya evakuasi dalam menyelamatkan korban. Namun hal baik nya adalah lakukan antisipasi sehingga hal yang tidak diinginkan tidak terjadi, bentuk juga tim gerak cepat yang tujuannya mengantisipasi situasi urgensi,” pinta Kapolda Kepri.

Kesiapan pengamanan dan fasilitas pelaksanaan event Tour de Bintan, di tinaju langsung oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman, di damping Pejabat Utama Polda Kepri, Kadishub Kabupaten Bintan, Kominfo Kabupaten Bintan, Kapolres Bintan dan pejabat utama Polres Bintan.

Pada Tinjauan pertamanya Kapolda Kepri bersama rombongan melihat langsung kesiapan di garis start yang berada di kawasan wisata Lagoi Bay Bintan.

Dilokasi tersebut Kapolda Kepri menerima langsung penjelasan dan pemaparan dari Kapolres Bintan Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono, selaku penanggung jawab pengamanan Tour de Bintan. *CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *