Polda Maluku Bangun Gerai Vaksin Presisi di Seluruh Jajaran

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID- Tugas Kepolisian Daerah Maluku saat ini tak hanya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) semata, tapi ikut berperan aktif dalam menjaga kesehatan warga di tengah mewabahnya Covid-19.

Keterlibatan Polda Maluku untuk bersama memutus mata rantai penyebaran virus pandemi ini dibuktikan dengan membangun Gerai-gerai Vaksinasi Presisi (GVP) di seluruh jajaran Polres.

Selain membangun GVP di semua jajaran yang tersebar di 11 kabupaten/kota di Maluku, aparat Kepolisian juga gencar melakukan sosialisasi tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan (prokes).

“Kita juga sosialiasi bagaimana ketaatan masyarakat terhadap prokes lewat operasi yustisi dan membangun gerai vaksin di seluruh polres jajaran pada kabupaten kota yang ada di wilayah Maluku,” kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. M. Rum Ohoirat, di studio Tribun News, Kota Ambon, Senin (9/8/2021).

Juru bicara Polda Maluku ini mengaku, jumlah masyarakat yang berhasil divaksin pada semua Gerai Vaksinasi Presisi yang disediakan berjumlah lebih dari 40.000 orang.

“Hingga kini khususnya pada gerai vaksinasi milik Polda Maluku dan Polres jajaran sudah 40 ribu lebih masyarakat Maluku yang telah divaksin,” sebutnya.

Ia mengungkapkan, Prokes yang dianjurkan pemerintah seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, sangat penting diperhatikan dengan baik dan benar untuk menekan angka penularan virus mematikan itu.

“Protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah tujuannya adalah agar tingkat penularan covid-19 di Maluku dapat di tekan,” katanya.

Selain disiplin Prokes, mantan Kapolres Kepulauan Aru dan Kota Tual ini juga meminta masyarakat agar tidak mudah percaya dengan banyaknya informasi hoax di media sosial.

“Jangan mudah percaya terhadap informasi liar yang mengatakan bahwa covid-19 itu tidak ada, faktanya saat ini covid-19 memang ada dan sudah ribuan orang yang meninggal akibat virus ini,” terangnya.

Perwira berpangkat tiga melati di pundaknya itu juga meminta masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi covid-19, agar dapat mendatangi Gerai Vaksinasi Presisi yang tersedia di wilayah masing-masing.

“Vaksin yang kami lakukan gratis. Selain Polda Maluku, ada juga Gerai Vaksinasi yang dibuka TNI serta tenaga kesehatan Pemerintah. Tujuannya untuk meningkatkan imun tubuh,” pintanya.

Rum meminta masyarakat Maluku untuk tidak ragu dan takut mengikuti vaksinasi yang dianjurkan pemerintah.

“Jangan takut dan ragu terhadap vaksin karena para pimpinan bangsa ini, para ulama dan pakar kesehatan dan medis sudah menyampaikan bahwa vaksin covid-19 itu halal dan aman. Olehnya itu jangan menunda vaksin,” ajaknya.***CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *