Polda Maluku Gelar Tradisi Wisuda Purna 20 Anggota

News Pelopor

Ambon, CakraNEWS.ID- Sebanyak 18 anggota dan 2 Aparat Sipil Negara (ASN) Polri yang bertugas di Polda Maluku resmi dilepas dalam upacara tradisi Wisuda Purna Bhakti dan Wredatama ASN Polri.

Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Refdi Andri, M.Si langsung menjadi inspektur upacara dalam kegiatan wisuda di Ruang Rapat Utama Markas Polda Maluku, Kota Ambon, Kamis (12/8/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan menggunakan protokol kesehatan yang ketat ini turut dihadiri Wakapolda Maluku Brigjen Pol Drs. Jan de Fretes, M.M., dan para Pejabat Utama Polda Maluku.

“Hari ini kita kembali dapat mengikuti acara tradisi wisuda Purna Bhakti personil Polda Maluku periode Januari sampai dengan Agustus 2021,” kata Kapolda Refdi dalam sambutannya.

Acara Wisuda Purna Bhakti hakekatnya merupakan penghargaan tulus dan ungkapan rasa yang setinggi-tingginya dari segenap kesatuan. Ini juga bagian dari rasa kecintaan bagi anggota Polri dan ASN yang memasuki masa pensiun atas pengabdian selama dinas aktif sampai mengakhiri masa purna tugas di Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Wisuda Purna Bhakti juga dimaksudkan sebagai pengikat tali persaudaraan serta ikatan batin para purnawirawan beserta keluarga terhadap anggota Polri yang masih aktif sebagai generasi penerusnya.

Menurut Refdi, keberhasilan tugas, berikut perkembangan Polri tidak terlepas dari peran serta masyarakat. Termasuk didalamnya berasal dari sumbangsih dan Dharma Bhakti para Purnawirawan Polri baik sejak aktif hingga sekarang.

“Hal ini terbukti dengan adanya persatuan Purnawirawan Polri yang menyatakan sekali Bhayangkara tetap Bhayangkara dan senantiasa tetap patuh serta setia kepada NKRI Tribrata dan Catur Prasetya,” katanya.

Refdi mengaku purna tugas bukan berarti berhenti untuk berkarya. Namun dapat dijadikan sebagai wadah untuk babak baru dalam mengembangkan minat, bakat dan rencana-rencana yang belum terealisasi, karena selama bertugas sebagai anggota Polri tidak dapat dilakukan.

“Hal ini merupakan sifat alamiah yang hendaknya disikapi dengan keikhlasan karena masa pensiun bukan merupakan suatu hal yang menakutkan namun lembaran baru yang akan dilalui oleh kita semua,” ungkapnya.

Selaku Kapolda Maluku, Mantan Kakorlantas Polri ini menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada anggota Polri dan ASN yang telah selesai melaksanakan tugas.

“Para anggota dan ASN Polri ini telah menjadi contoh yang luar biasa bagi pelaksanaan tugas Polri karena dapat mengakhiri pengabdian sebagai anggota dan ASN Polri dengan baik. Dan saya berharap tetap menjadi agen Polri di masyarakat,” pintanya.

Mewakili seluruh personel Polda Maluku dan institusi Polri, jenderal bintang 2 itu juga mengucapkan terima kasih sekaligus permohonan maaf, karena tidak dapat membalas semua prestasi yang telah ditorehkan.

“Dan hendaknya acara tradisi Purna Bhakti ini dijadikan contoh bagi seluruh personel agar tetap belajar untuk selalu melaksanakan tugas dengan lebih baik,” pintanya.

Kapolda berpesan kepada personil Polri aktif agar dapat menata persiapan purna tugas. Sebab, apa yang akan diterima saat purna tugas nanti tergantung dengan yang ditinggalkan selama bertugas, baik sebuah prestasi membanggakan, ataukah sebuah kegagalan yang pastinya cukup memalukan.

“Semoga apa yang kita laksanakan hari ini bisa menjadi pelajaran bagi kita untuk melaksanakan tugas yang lebih baik. Saya berharap walaupun telah pensiun para Purnawirawan tetap menjalin silaturahmi serta menjaga nama baik Polri di tengah-tengah masyarakat,” tutupnya.*** CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *