Polda Maluku Kerahkan 210 Personil Satbrimob, Amankan PON Ke-XX Di Papua

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Sukseskan pelaksanaan pekan olahraga nasional (PON), ke-XX yang berlangsung di Papua, dilakukan Kepolisian Daerah Maluku dengan mengirimkan 210 personil Satbrimob.

Sebelum diberangkatkan sebagai personil pengamanan PON ke-XX di Papua, personil Satbrimob Polda Maluku tersebut, di berikan arahan dan pembekalan oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol Refdi Andri.

Arahan dan pembekalan, dari Kapolda Maluku tersebut, di sampaikan dalam apel kesiapan pasukan pengamanan di lapangan Markas Komando Satuan Brimob Polda Maluku, Kota Ambon, Selasa (14/9/2021).

Saat memberikan arahan dan pembekalan, Kapolda tidak sendiri. Ia didampingi Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes, Irwasda, Kombes Pol Raden Heru Prakoso, Komadan Satbrimob, Kombes Pol Muhammad Guntur, dan sejumlah pejabat utama Polda Maluku.

Jenderal bintang 2 Polri di Maluku ini menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada seluruh personil Brimob yang senantiasa siap siaga menjalankan tugas yang diminta negara.

“Saat ini kita telah diminta oleh negara untuk mengamankan PON yang akan digelar di wilayah Papua nanti,” kata Refdi dalam arahannya.

Refdi mengaku permintaan negara terhadap personil Brimob Polda Maluku dalam mengamankan pesta olahraga terbesar di Indonesia ini merupakan bentuk penghargaan.

“Ini merupakan suatu penghargaan besar dari negara kepada kita, dan konsekuensinya kita harus laksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Mantan Kakorlantas Polri ini mengaku pelaksanaan PON XX di Papua akan diselenggarakan di 4 kabupaten kota. Olehnya itu, keempat daerah tersebut harus steril dan aman dari segala gangguan apapun.

“Agar seluruh personil harus bekerja dengan amanah dan ikhlas, mari kita sama-sama berdoa agar tugas yang diemban kepada kita ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada satu kekurangan apapun,” pintanya.

Refdi mengaku dalam penyelenggaran PON XX di Papua, tidak hanya menjadi perhatian nasional tapi juga internasional.

“Kita harus pahami bersama bahwa PON yang digelar di wilayah Papua nanti akan menjadi perhatian semua pihak bahkan dunia,” katanya.

Ia meminta semua personil pengamanan yang akan dikerahkan di Papua dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab.

Kerjasama dengan berbagai pihak, tambah Refdi, penting dilakukan, baik terhadap sesama anggota Brimob maupun instansi terkait lainnya.

“Semoga kita semua dapat menjalankan tugas ini dengan baik dan nanti semua personil dapat kembali dengan sehat dan selamat tanpa ada kekurangan apapun, karena hal itu merupakan indikator bahwa kita sukses dalam pelaksanaan tugas di Papua,” ujarnya.

Di sisi lain, Refdi juga mengingatkan kepada personil agar teru disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan tugas di tengah situasi pandemi covid-19.

“Kepada seluruh personil yang hadir agar siapkan semua perlengkapan yang akan dibawa selama bertugas, jika ada senjata atau tongkat dan yang lainnya dibawa agar selama bertugas anggota dapat memahami dengan baik bagaimana fungsi penggunaannya dan digunakan pada kondisi dan saat yang tepat,” ingatnya.

Refdi berpesan agar seluruh anggota pengamanan dapat menghindari segala bentuk gesekan dengan pihak manapun selama bertugas di Papua.

“Hindari perilaku atau ucapan dan sikap yang dapat mengundang permasalahan selama bertugas karena media akan selalu menyoroti semua aktifitas di wilayah Papua. Olehnya itu kita harus profesional selama melaksanakan tugas di Papua,” pintanya.

Ia juga meminta kepada para personil agar senantiasa menjaga marwah Polri, Korps Brimob, dan Satbrimob Polda Maluku.

Setiap personel agar selalu saling mengingatkan, saling tegur jika ada rekannya yang membuat kesalahan. Sebab kalau tidak, maka sama halnya sudah membiarkan kesalahan itu  terjadi dan akibatnya akan ditanggung bersama.

“Agar seluruh personil yang ditugaskan dapat menjaga amanah negara, amanah Polda Maluku dan amanah Satbrimob Polda Maluku. Kami berharap berangkat dalam keadaan sehat dan kembali harus dalam keadaan sehat dan lengkap,” pintanya.

Pada kesempatan itu, Refdi juga meminta kepada Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Maluku agar dapat memberikan dukungan terhadap sarana kesehatan kepada personil yang ditugaskan.

Ratusan personel pengamanan dari Satbrimob Polda Maluku yang nantinya dikerahkan, akan bergabung dengan personil Brimob Nusantara dari Polda lain.

“Para personel pengamanan akan ditempatkan di empat lokasi atau kabupaten yang akan menyelenggarakan ajang kompetisi PON 2021,” tandasnya. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *