Polres Kepulauan Tanimbar Rutin Patroli Pengamanan MTQ di Saumlaki

Adventorial News

Saumlaki, CakraNEWS.ID– POLRES Kepulauan Tanimbar terus mengetatkan pengamanan selama berlangsungnya MTQ tingkat provinsi di Saumlaki KKT.

Pengaman seperti patroli guna memastikan keamanan dan kenyamanan peserta dari 10 kabupaten yang saat ini tengah mengendap di Saumlaki.

Pantuan media ini, Minggu malam, sejumlah Personel Piket Samapta Kepolisian Resor (Polres) gencar melaksanakan patroli keamanan.

Patorli tesebut merupakan tugasnya sebagai abdi negara dengan mengayomi, melindungi, dan melayani masyarakat pada wilayah hukumnya, terutama dalam menjaga dan memelihara situasi keamanan dan ketertiban dari awal pelaksanaan MTQ XXIX Provinsi Maluku.

Kegiatan patroli kali ini pada Minggu (20/03/2022) tersebut diawali pada pukul 21.00 waktu setempat. Para personel yang melaksanakan perintah Kapolres KepTan, AKBP
Delapan personel Piket Samapta Polres yang terekam media ini masing-masing, Bripka A. Lelangluan, Bripka. B. Panjaitan, Bripka A. Laware, Brigpol A. Sianressy, Briptu T. O. Daniel, S.H., Briptu J. Wutlanit, Bripda V. Lamere, dan Bripda W. Batmomolin, bergerak menuju titik-titik yang telah dipetakan untuk melakukan patroli.

Sejumlah titik yang disasar diantaranya pada rute Olilit Barat, areal Pasar Ikan Saumlaki, seputaran Lapangan Mandriak, wilayah Pasar Omele dan sekitarnya, ruas Jalan Poros, dan berakhir di areal Taman Kota tempat berlangsungnya pameran MTQ.

Yang menjadi sasaran dilakukannya patroli adalah beberapa pelanggaran Kamtibmas yang selalu disengaja untuk dilakukan oleh masyarakat, yakni pengguna kendaraan bermotor yang sengaja mempersingkat waktu berkendara dengan cara melawan arus lalu lintas.

Selain itu, akan menindak pengendara yang tidak menggunakan pengaman kepala berupa helm, berboncengan melebihi 2 orang yang tentunya akan membahayakan pengendara dan orang lain yang menggunakan jalur lalu lintas kendaraan.

Selain pelanggaran Kamtibmas yang disasar para personel, dilakukan juga pemantauan terhadap kewajiban masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker serta mencegah bertemunya niat dan kesempatan bagi para pelaku kejahatan untuk menjalankan aksinya.

Jika kedapatan ada warga masyarakat yang melanggar Kamtibmas, para personel Sat Samapta ini meluangkan waktunya untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas yang dilakukan secara dialogis dan mengajak peran aktif masyarakat dalam membantu tugas-tugas Kepolisian agar dapat memberikan informasi sekecil apapun tentang kejadian atau aksi-aksi yang melanggar hukum.

Hal itu dilakukan, guna membangun rasa simpati masyarakat terhadap POLRI bahwa kehadiran POLRI di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan rasa aman.

Sebelumnya, sebagaimana berita sebelumnya, Kapolda Maluku telah mengintrukasikan jajaran Polres Kepulauan Tanimbar yang dipimpin Kapolres KepTan, AKBP Umar Wijaya, S.I.K., untuk memastikan kemanan penyelenggaraan MTQ Provinsi.

Kapolda Maluku juga telah bersedia mengirimkan personil tambahan membantu Kapolres jika hal tersebut diminta oleh Polres.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *