Site icon Cakra News

Polres SBB Siap Amankan Pilkades Tahap Satu 11 Kecamatan

Piru,CakraNEWS.ID– Polres Seram Bagian Barat (SBB) siap mengamankan Pemilihan Kepala Desa Tahap satu yang akan digelar Oktober hingga November mendatang. Hal ini langsung disampaikan Kapolres SBB, AKBP. Bayu Tarida Butar-Butar di ruang kerjanya, Jum’at (08/10).

Dikatakan, hasil Koordinasi Polres Seram Bagian Barat dengan 42 Pemerintah Desa yang mengikuti Pilkades Tahap Pertama, diperkirakan bulan Oktober ini, dilaksanakan Pilkades. Sekarang, tahapannya sudah berjalan.

“Kami dari pihak Polres siap mengamankan Pemilihan Kepala Desa dimana nantinya yang akan melaksanakan Pilkades. Mudah-mudahan tidak ada perubahan lagi yaitu di 42 Desa yang akan melaksanakan Pilkades diseluruh Kecamatan yang ada di SBB ini adalah Gelombang pertama , Dan Gelombang ke Dua kami masih menunggu Informasi,” akuinya.

Bayu merincikan, 42 Desa yang mengikuti Pilkades gelombang pertama dari 11 kecamatan itu terdiri dari Kecamatan Seram Barat 1 Desa, Kecamatan Kairatu 6 Desa, Kecamatan Kairatu Barat 2 Desa, Kecamatan Amalatu3 Desa, Kecamatan Inamosol 1 Desa, Kecamatan Huamual Belakang 2 Desa, Kecamatan Huamual 1 Desa, Kecamatan Kepulauan Manipa 1 Desa, Kecamatan Taniwel 10 Desa, Kecamatan Taniwel Timur 11 Desa dan Kecamatan Elpaputi 4 Desa.

Perih jadwal, dirinya mengaku, sementara yang didapat pihaknya, mulai dari tanggal 14-16 Oktober. Masa tenang jatuh pada tanggal 17-18. Pemungutan suara terhitungan suara terhitung tanggal 20-23 Oktober. Diantara tanggal 25-31 Oktober penyelesaian sengketa, tanggal 1-3 November penetapan Calon terpilih. Tanggal 4- 6 bulan November laporan hasil panitia pilkades kepada BPD.

“Tanggal 7 November Laporan hasil pilkades, dari BPD kepada Bupati melalui masing masing camat. Tanggal 11- 13, pemberian SK Bupati tentang pengesahan dan Pengangkatan Kepala Desa, tanggal 15-20 Pelantikan kepala Desa terpilih,” rincinya.

Perihal kekuatan personil, Kapolres menyatakan, kekuatan pengamanan melibatkan TNI/Polri, di seluruh TPS, di 42 Desa masing-masing yang mengikuti Pilkades. Menutup keterangannya, orang nomor satu di wilayah hukum Polres SBB ini mengajak Masyarakat Saka Mese Nusa sama-sama menjaga situasi keamanan jelang Pemilihan Kepala Desa yang akan di laksanakan di bulan Oktober ini.

“Mari kita sama sama tetap melaksanakan protokol Kesehatan, mematuhi 3 M. Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, karena Pilkades yang di laksanakan ini masih dalam situasi Pandemik,” pungkasnya.***CNI-03

Exit mobile version