Polresta Barelang Bersama Dinkes dan BMKG, Siapkan Posko Kesehatan Dampak Karhutala Kepada Masyarakat Kota Batam

Militer Polri

Batam,CakraNEWS.ID- Penanganan masalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutala) yang terjadi di Kota Batam, dilakukan oleh Polresta Barelang dengan membentuk Satgas Karhutala dengan melibatkan Dinas Kesehatan Kota Batam, BMKG dan beberapa Instansi terkait di Pemerintah Kota Batam.

“Kami dari Polresta Barelang bersama BMKG dan Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Batam membentuk Satgas Karhutala. Hal ini dilakukan oleh Polresta Barelang sebagai bentuk kesadaran bersama bahwa dampak dari kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kota Batam sangat berdampak  negative bagi kesehatan akibat pencemaran udara,”tutur Kapolresta Barelang, AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo, yang didampingi Waka Polresta, AKBP Muji Supriyadi, bersama Perwakilan dari BMKG Kota Batam Wayan, Perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Batam, Yenny dalam rilisnya kepada Wartawan, Sabtu (14/8/2019)

Perwira dua melati itu mengatakan, dalam penanganan masalah pencemaran udara akibat Karhutala di Kota Batam, Polresta Barelang dan Instansi terkait Pemkot Batam menyiapkan peralatan dan perlengkapan kesehatan.Hal ini dilakukan agar masyarakat Kota Batam dan sekitarnya bisa mendapatkan penanganan yang cepat apabila terjadi penurunan kualitas udara di Kota Batam.

“Kita sudah menyiapkan peralatan dan perlengkapan kesehatan berupa pembagian masker,oksigen maupun mobil ambulance yang setiap saat dapat di kerahkan untuk membantu masyarakt yang terkena dampak Karhutala,”ungkap Purbuyo.

Ia mengatakan, selain itu juga, Rumah Sakit Embun Fatima juga telah menyediakan fasilitas kesehatan untuk merespon dan meberikan pelayanan kepada masyarakat yang terkena dampak penurunan kualitas udara di Kota Batam.

“Alhamdulilah semua Stakeholder sudah bersatu untuk mengantisipasi masalah Karhutala di Kota Batam. Satgas Karhutala juga akan selalu siap sedia dilapangan untuk memadamkan api akibat kebakaran hutan dan lahan yang berdampak buruk bagi kesehatan khususnya pernapasan manusia,” Pintanya

Ia menuturkan, Rs Embun Fatimah telah menyiapkan tim dokter, begitu juga dari BMKG telah menempatkan beberapa alat untuk memantau kualitas udara di Kota Batam.

“Untuk penanganan Karhutala di Kota Batam, ada Call Center Hotline yang bisa dihubungi untuk bisa memberikan pelayanan Kota Batam yaitu 07788013750. Fasilitas-Fasilitas di Kota Batam siap menerima masyarakat yang terkena dampak dan terganggu saluran pernapasan baik itu di Poliklinik Polresta Barelang, Rs Bhayangkara, Rs Embun Fatima dan termasuk Rs Awal Bros,”Ucapnya.

Lanjut dikatakannya, berdasarkan data dari BMKG untuk Indeks Pencemaran Udara (ISPU) di Kota Batam masih dalam taraf yang sehat,wajar dengan ambang batas udara masih sedang atau bersih. Agar masyarakat tidak panik mengenai penanganan Karhutala di Kota Batam. (CNI-01)

Berikut Video:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *