Polri Siarkan Langsung Proses Rekrutmen Anggota Untuk Cegah Pelanggaran

Polri

Jakarta,CakraNEWS.ID- Polri menayangkan secara langsung proses ujian penerimaan atau rekrutmen calon anggota baru. Proses ujian disiarkan secara langsung melalui Instagram Divisi Humas Polri, @divisihumaspolri sejak Kamis (25/5/2023) pagi.

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, hal ini dilakukan sebagai implementasi dari prinsip Betah atau kependekan dari Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis.

“Dan untuk meyakinkan perserta tes dan orang tua agar percaya dengan kemampuan masing-masing tidak mudah tertipu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” kata Dedi kepada wartawan, Kamis (25/5/2023).

Menurut Dedi, siaran langsung proses ujian juga dilakukan agar tidak lagi ada celah terhadap oknum untuk mengambil keuntungan atau pungutan liar (pungli).

“Ya betul untuk mitigasi hal tersebut,” ucap Dedi.

Adapun, ujian tes masuk Polri itu digelar di berbagai lokasi dari wilayah hukum jajaran kepolisian daerah (polda). Para peserta calon anggota Polri mengikuti ujian dengan menggunakan komputer.

Diketahui, pada bulan April 2023 lalu, Polri membuka perekrutan calon anggota baru.

Terkait proses rekrutmen itu, Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri juga meluncurkan hotline pengaduan masyarakat (dumas) terkait proses rekrutmen calon anggota Polri.

Untuk diketahui, rekrutmen anggota Polri tahun anggaran 2023 resmi ditutup pada Senin, 17 April 2023. Tercatat, terdapat 154.007 orang mendaftar untuk bergabung dalam menjadi calon anggota polisi.

Rekrutmen anggota Polri dibuka SSDM Polri secara online pada 4 April lalu. Mereka yang lolos verifikasi mencapai 116.737 orang dengan rincian 101.586 pria dan 15.151 wanita.

Sedangkan untuk calon Bintara Brimob sebanyak 8.308 orang. Untuk tahun ini tidak membuka calon siswa wanita. Begitu juga dengan Tamtama Brimob. Mereka yang lolos verifikasi sebanyak 6.974 orang. Sementara untuk Tamtama Ditpolair sebanyak 374 orang yang lolos dalam pendaftaran kemarin.

Untuk penerimaan calon Bintara Polair yang lolos ada 621 orang dan untuk Bintara Kompetensi Khusus Tenaga Kesehatan (Bakomsus Nakes) sebanyak 458 orang dengan rincian 232 pria dan 226 wanita.*CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *