Presiden RI Pimpin Lima Pertemuan Hari Pertama KTT ke-42 ASEAN 2023

Nasional

NTT,CakraNEWS.ID- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin lima rangkaian pertemuan, pada hari pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023. Pertemuan tersebut akan berlangsung di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT),Rabu (10/5/2023).

“KTT dimulai hari ini dengan lima pertemuan yang akan dipimpin oleh Bapak Presiden,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, Rabu (10/5/2023) di Labuan Bajo.

Pertemuan yang dipimpin oleh Presiden Jokowi di antaranya adalah Pembukaan dan Sesi Pleno KTT ke-42 ASEAN, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Pemuda ASEAN, Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC), dan Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan High-Level Task Force on ASEAN Community’s Post-2025 Vision (HLTF-ACV).

Lima rangkaian pertemuan KTT ASEAN itu, akan ditutup secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada waktu malam hari. Bertepatan dengan kegiatan Welcoming Dinner di Ayana Komodo Waecicu Beach.

“Keseluruhan acara KTT besok (Rabu 10 Mei,red) akan ditutup insyaAllah dengan acara makan malam,” tutur Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi saat Press Briefing pada Selasa (9/5/2023).

Kemudian, esoknya pada Kamis (11/5/2023), Presiden Jokowi akan memimpin Sesi Retreat dan KTT Indonesia-Malaysia- Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Sementara pertemuan Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) dipimpin Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim karena keketuaan BIMP-EAGA saat ni dipegang oleh Malaysia.

“Pada 11 Mei, akan ada tiga pertemuan, dari tiga pertemuan tersebut, dua pertemuan akan dipimpin oleh Bapak Presiden,” kata Menlu.*CNI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *