Site icon Cakra News

Rakornis TNI AD, Bahas Pelaksanaan TMMD Ke-115, Di 50 Kabupaten/Kota Di Indonesia

Jakarta,CakraNEWS.ID- TNI AD kembali menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 Tahun Anggaran 2022 di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat, Kamis, (29/9/2022).

Rakornis tersebut digelar sebagai tahap persiapan sebelum pelaksanaan TMMD, guna membahas berbagai program yang dapat disinergikan. Pada pelaksanaan TMMD kali ini yang akan dilaksanakan selama 30 hari sejak tanggal 11 Oktober sampai dengan 9 November 2022 yang akan datang, secara serentak di 50 kabupaten/kota, meliputi 62 kecamatan dan 81 desa.

Rakornis TMMD ke-115 yang dibuka oleh Asisten Teritorial (Aster) Kasad Mayjen TNI Karmin Suharna, digelar secara terpusat, dan dihadiri pejabat Staf Teritorial Angkatan Darat dan Kemendagri, serta diikuti pula oleh para Danrem dan Dandim pelaksana program TMMD, melalui Video Conference (Vidcon).

Aster Kasad menjelaskan bahwa, tema TMMD yang bertajuk “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” mengandung makna pengorbanan secara total oleh semua komponen bangsa, untuk mewujudkan akselerasi pembangunan di wilayah demi kesejahteraan masyarakat dan terdukungnya pertahanan darat yang tangguh.

“TMMD merupakan salah satu solusi untuk menjawab aspirasi dan kebutuhan masyarakat saat ini, bukan semata pembangunan fisik bagi masyarakat desa, tetapi yang terpenting adalah sebagai momentum untuk membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi wilayah yang dimiliki sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan terdukungnya pertahanan darat yang tangguh,” terangnya.

Sebagaimana biasanya, program TMMD akan menyasar pada prioritas pembangunan fisik maupun non fisik di daerah miskin, tertinggal, terisolir, terpencil, daerah kumuh perkotaan, daerah perbatasan dan pulau terluar, serta daerah yang terkena dampak bencana alam.

Selain pelaksanaan TMMD, untuk mendukung sosialisasi pelaksanaan program TMMD kepada masyarakat sekaligus sebagai bagian dari pemenuhan informasi publik, pada program TMMD kali ini juga digelar Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) TMMD ke-115 TA 2022 bagi para Dandim yang menjadi Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-115, serta wartawan media elektronik, cetak dan online.*CNI-01

Exit mobile version