Rapat Perdana Tahun 2022, FKPT Maluku Komitmen Lakukan Pencegahan

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– Pengurus Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Maluku periode tahun 2022 – 2024,  melakukan rapat perdana di Cafe Pelangi, kawasan Soabali, Ambon, Sabtu siang, (08/01).

Rapat yang dipimpin Ketua FKPT Maluku Dr. H. Abdul Rauf, dihadiri 10 orang pengurus dari 11 orang pengurus yang ada.

“Satu orang anggota Satuan Tugas (Satgas) FKPT berhalangan hadir karena masih berada di luar Provinsi Maluku,” kata ketua FKPT Maluku yang juga dosen di Fakultas Syariah dan Hukum IAIN Ambon itu.

Menurut Dr. Rauf, rapat ini diselenggarakan selain menjelaskan tugas dan fungsi pengurus yang baru, juga untuk membahas persiapan Rapat Kerja Nasional FKPT se-Indonesia yang direncanakan digelar pada awal Maret mendatang.

Ditegaskan, sebagaimana amanat BNPT, forum ini wajib berfungsi maksimal mencegah tumbuh dan berkembangnya gerakan radikalisme, ekstrimisme dan terorisme di Maluku.

Ia juga meminta jajaran FKPT Maluku baik wajah lama maupun baru untuk meningkatkan peran serta masyarakat mencegah berkembangnya radikalisme dan terorisme.

Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan oleh FKPT dalam mencegah radikalisme yakni, melalui pendekatan nilai-nilai budaya. Salin itu juga melalui event-event lomba.

“FKPT Maluku sudah beberapa kali mengirimkan delegasi dan menjuarai lomba. Salah satunya lomba menulis yang berbasis budaya oleh wartawan di Maluku,” pungkasnya.

Setelah pengarahan Ketua FKPT Maluku, dilanjutkan dengan dialog sesama pengurus FKPT Maluku.

Komposisi pengurus FKPT Maluku periode 2022-2024 terdiri dari enam orang wajah lama dan lima orang wajah baru, yang menduduki posisi ketua, sekretaris, lima orang ketua-ketua bidang, dan tiga orang Satgas.

Ketua Bidang Penelitian FKPT Maluku Dr. Ernas Said mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan di FKPT, tidak akan berjalan sendiri-sendiri karena setiap bidang yang ada, nantinya akan ikut membantu, sehingga program kerja yang dilaksanakan berjalan sukses.*** CNI-03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *