Saadiah: Peran Da’i Sangat Strategis dalam Implementasi Nilai Pancasila

Agama Pelopor Politik

Ambon, CakraNEWS.ID- Anggota MPR RI Fraksi PKS, Saadiah Uluputty, melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, dalam kegiatan yang menghadirkan Mubaligh-Mubalighoh di Kota Ambon, Selasa (6/7/2021). Pada kesempatan tersebut, Saadiah memaparkan peran para Penceramah (Da’i) dalam mengimplementasikan Pancasila.

“Para Da’i dapat mengoptimalkan perannya sebagai juru dakwah dalam pengamalan Pancasila, terutama dalam konteks sila Ketuhanan yang Maha Esa,” ungkap Saadiah.

Menurutnya, sila Pertama Pancasila memiliki nilai bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang religius. Nilai religiusitas masyarakat tersebut akan terbangun dan terbina dengan peran para Da’i, termasuk juru dakwah setiap agama.

“Kita adalah bangsa yang berketuhanan. Artinya bahwa untuk mendorong terciptanya masyarakat yang beriman kepada Tuhan, peran Dai atau juru dakwah sangatlah penting,” jelasnya.

Selain itu, Saadiah juga mengajak para Mubaligh-Mubalighoh untuk menjadi corong kerukunan antar umat beragama di Indonesia.

“Dengan semangat moderasi, Sila persatuan Indonesia membingkai seluruh komponen bangsa. Juru dakwah bisa melayani umatnya masing-masing dengan tetap menjaga harmoni dalam kehidupan bermasyarakat,” tandasnya.

Lanjut Saadiah, keimanan kepada Tuhan akan menjadi pemandu dalam penyelenggaraan negara dan kehidupan yang berkualitas.

“Iman akan mendorong hadirnya kejujuran, tanggung jawab, empati, kesyukuran, semangat kerja. Hal ini akan menciptakan produktifitas dalam masyarakat,” tutupnya. (CNI-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *