Sambangi Sekolah-Sekolah Di Bula, Dinkes SBT Gencar Sosialisasi BIAN

Pemerintahan

SBT,CakraNEWS.ID-  Dalam upaya meningkatkan dukungan masyarakat terhadap suksesnya penyelenggaraan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahun 2022, dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), dengan gencar melaksanakan kegiatan sosialisasi di sekolah-sekolah di Kota Bula, Kecamatan Bula. Selain di sekolah, tim Dinkes SBT, juga melaksanakan sosialisasi BIAN ke sejumlah Kecamatan yang ada di Kabupaten SBT.

Sebelumnya pada Sabtu (27/8/2022) tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten SBT telah melaksanakan sosialisasi di TK Pembina dan PAUD Gumumae dan akan menggelar kegiatan yang sama pas sejumlah sekolah-sekolah TK/PAUD serta SD di Kabupaten SBT.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten SBT Samun Rumakabis, kepada media ini menyampaikan, pelaksanaan Sosialisasi BIAN tersebut sangat penting, guna meningkatkan peranserta masyarakat, khususnya orang tua anak untuk mendorong anak-anaknya ikut kegiatan vaksinasi MR (Campak-Rubella).

“Dengan adanya Sosialisasi BIAN bertujuan penerapan serangkaian tes atau prosedur yang dilakukan untuk mendeteksi potensi gangguan kesehatan atau penyakit tertentu pada seseorang,” kata Rumakabis.

Dikatakan orang nomor satu di Dinas Kesehatan SBT itu, Sasaran Vaksinasi MR yakni pada anak usia 9 bulan sampai dengan 12 tahun di seluruh Kabupaten bertajuk Ita Wotu Nusa, serta mengharapkan dukungan masyarakat dan pihak lainya dalam mengikuti sosialisasi tersebut.

Untuk itu Rumakabis menghimbau kepada sekolah – sekolah di wilayah Kabupaten SBT beserta para orang tua anak agar terus mendukung terlaksananya program vaksinasi MR (Campak-Rubella) tersebut dalam rangka BIAN tahun 2022.

“Vaksinasi MR ini penting dilaksanakan, mencegah terjadinya penyakit tertentu yang dapat dicegah melalui imunisasi, sehingga anak memiliki daya tahan tubuh dan pertumbuhan yang baik,” pungkas Rumakabis.

Senada Rumakabis, tim kesehatan yang diwakili Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendali Penyakit Menular Dinas Kesehatan SBT La Ludin, saat dikonfirmasi media ini mengungkapkan, BIAN merupakan kegiatan pemberian imunisasi tambahan campak-rubela dan pemberian imunisasi pada anak yang belum mendapatkan imunisasi lengkap. BIAN melindungi Anak dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan Imunisasi.

“Sasaran BIAN, imunisasi tambahan (Campak dan Rubella) 30.025 anak untuk imunisasi kejar (DPT HB HIB, dan Folio) sebanyak 15.858 anak,” kata La Ludin Selasa (30/8/2022) di Bula. *CNI-08

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *