Sekjen Kemenkumham: Waspada, Varian Baru Corona Intai Indonesia

Nasional

Jakarta,CakraNEWS.ID- Dua negara tetangga Indonesia, yaitu Singapura dan Malaysia, belum lama ini telah mengumumkan varian baru dari virus Covid-19, Corona AY.4.2, sudah masuk wilayahnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Komjen Pol. Andap Budhi Revianto mengingatkan agar masyarakat Indonesia jangan lengah dan tetap waspada. Kendati angka kasus infeksi virus corona saat ini cenderung melandai, hal tersebut tidak lantas membuat kita merasa aman dari penyebaran Covid-19. Namun, kehadiran dari varian baru virus corona ini juga jangan sampai membuat kita khawatir berlebihan.

“Jangan sampai itu menjadikan kita khawatir, cemas, ataupun takut, melainkan kita harus tetap yakin dan percaya kepada Allah SWT, harus lebih waspada, dan tetap disiplin menerapkan prokes (protokol kesehatan),” kata Andap saat memberikan pengarahan sebelum melakukan senam pagi, Jumat (12/11/2021).

Meski varian baru virus ini belum terdeteksi ada di Indonesia, Andap mengatakan bahwa saat ini pemerintah dan masyarakat harus tetap waspada.

Terlebih bagi ASN Kemenkumham yang menjaga daerah perbatasan dan pintu masuk internasional, untuk lebih memperhatikan prokes. Agar ketika kembali ke rumah tidak menularkan virus kepada anggota keluarga lainnya.

“Seperti yang telah disampaikan Menkomarves sekaligus koordinator PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), Bapak Luhut Binsar Panjaitan, bahwa varian baru Covid AY.4.2 sudah sampai ke Malaysia,” kata Andap di kediamannya. “Bahkan tingkat penyebarannya 15 persen lebih kuat,” tambahnya.

Dalam setiap kesempatan senam pagi, Andap selalu mengingatkan bahwa kesehatan bukanlah segalanya, namun tanpa kesehatan, semuanya tidak berarti apa-apa.

“Tolong sekali lagi jaga kesehatan dan terus berolahraga, saling menjaga, dan saling mengingatkan dalam hal kebaikan,” ujar Andap.

Dilansir dari situs covid19.kemenkumham.go.id, hingga Jumat (12/11/ 2021), masih terdapat delapan ASN di lingkungan Kemenkumham yang positif terpapar Covid-19. Terdiri dari enam orang PNS dan dua orang PPNPN. Angka ini menurun dari data sebelumnya, Senin (8/11/2021) dimana kasus pegawai terkonfirmasi Covid-19 berjumlah 10 orang. Sementara total yang meninggal hingga kini mencapai 63 orang. Adapun tingkat kesembuhan mencapai 7.643 orang. * CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *