Silatuhrami Ke Negeri Nua Nea, Kapolres Malteng Harapkan Masyarakat Bantu Polres Jaga Kamtibmas

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID-Bersama Kepolisian Resort Maluku Tengah wujudkan situasi Kantimbas yang aman dan kondusif, di masyarakat, menjadi dambaan, Kapolres Malteng, AKBP Rosita Umasugi, saat bersilatuhrami dengan para Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Negeri Nua Nea, yang terletak di Kilo 12 Kecamatan Amahai, Minggu (23/8/2020).

Dalam silatuhrami yang berlangsung di kantor Negeri Nua Nea, AKBP Rosita Umasugi, berharap kepada Kepala Pemerintahan Negeri Nua Nea, Sahune Matoke, beserta seluruh staf dan masyarakat, untuk bersama Polres Malteng, menjaga situasi Kamtibmas.

“Saya (Kapolres) bersilaturahmi sekalian meminta dukungan dari Raja Negeri Administrasi Nua Nea, bersama seluruh masyarakat disini (Nua Nea), mudah-mudahan dalam pelaksanaan tugas kita dapat duduk bersama, kerja sama untuk menjaga Kamtibmas ini agar tetap aman,”tutur Rosita.

Rosita menuturkan, silaturahmi yang dilakukan oleh dirinya selaku Kapolres Malteng, adalah dalam rangka untuk mendekatkan diri dengan masyarakat serta menyerap berbagai informasi maupun aspirasi yang kemudian dijadikan sebagai pedoman dalam mengambil kebijakan khususnya terkait dengan pemeliharaan Kamtibmas.

“Dukungan dari warga Nua Nea terkait dengan situasi Kamtibmas yang ada dalam wilayah hukum Polres Maluku Tengah, khususnya di wilayah Kecamatan Amahai, sangat dibutuhkan,”pinta Rosita.

Polwa berpangakat dua melati itu juga berharap,kepada masyara Nua Nea, agar dapat membantu Kapolsek Amahai yang baru saat ini, dalam menyikapi masalah-masalah yang terjadi dapat diselesaikan dan tidak menjadi masalah baru.

“Bila ada ditemukan anggota saya yang berperilaku tidak berkenan atau tidak sesuai, agar segera saudara-saudara menyampaikan langsung kepada saya untuk selanjutnya akan ditegur dan dibina. Apabila anggota saya memerlukan bantuan mohon kiranya bapak-bapak dan warga dapat membantu mereka dalam upaya menjaga situasi Kamtibmas di negeri ini,”himbau Rosita

Selain kondisi Kamtibmas, Orang nomor satu di Polres Maluku Tengah mengatakan, dunia termasuk Indonesia, dan Provinsi Maluku, lebih khusus lagi Kabupaten Maluku Tengah, saat ini tengah dilanda pandemik Covid-19, sehingga dukungan dari masyarakat Nua Nea,sangat diutamakan dalam pemberantasan virus mematikan itu.

“Kita dihadapkan dengan pandemik Covid-19, harapan kita semua dengan segala upaya dan kerja kita semoga kita terhindar dari virus ini. Kita harus sama-sama  mensosialisasikan tentang Covid-19 ini, yang mana kita harus mengajak pola hidup baru kepada masyarakat dengan mengedepankan protokol kesehatan dalam kegiatan kita sehari-hari, berupa menjaga kebersihan tangan, menggunakan masker ketika keluar rumah, menjaga jarak, serta menjaga kesehatan dengan asupan makanan dan berolahraga,”pesan mantan Wakapolres Maluku Tenggara ini.

Kepala Pemerintah Negeri Administrasi Nua Nea, Sahune Matoke mengaku, terharu atas kedatangan Kapolres Maluku Tengah, AKBP Rositah Umasugi di negeri tersebut. Menurutnya kepedulian yang ditunjukan oleh Kapolres yang baru menjabat belum sepekan itu menjadi makna tersendiri bagi dirinya, maupun seluruh masyarakat Nua Nea.

“Dengan siliturahmi ini kami sudah dapat mengenal Ibu selaku Kapolres Maluku Tengah, dilain kesempatan kiranya kita dapat bertemu lagi guna menyampaikan segala permasalahan yang terjadi di Negeri ini,”kata dia.

Sahune menegaskan, masyarakat Nua Nea memberikan dukungan penuh kepada Polres dalam menjaga dan memelihara Kamtibmas di Nua Nea, kecamatan Amahai, maupun Maluku Tengah, secara umum.

Ditempat yang sama Ketua BPN/Saniri Negeri Nua Nea, Tuale Matoke memberikan, apresiasi kepada Kapolres AKBP Rositah Umasugi, sebab selama ini belum pernah ada Kapolres yang baru menjabat langsung bersilaturahmi dengan masyarakat Nua Nea, yang mayoritas masyarakat suku Noaulu.

“Dari pergantian Kapolres ke Kapolres belum ada yang langsung mengadakan pertemuan, dan silaturahmi seperti saat ibu lakukan ini. Orang menganggap kita  masyarakat Noaulu ini merupakan suku yang terbelakang atau suku terasing akan tetapi mulai dari Kapolsek yang lama (Ipda Rido Masihin) dan Kapolsek yang baru (Iptu Irwan), serta Kapolres yang baru, menurut kami masyarakat Noaulu yang ada di Nua Nea ini, bahwa dengan adanya kegiatan ini kami  menganggap adanya perhatian dari pihak kepolisian terhadap masyakat kami di sini,”kata dia sambil meneteskan airmata.

Dalam kegiatan silaturahmi itu, Kapolres AKBP Rositah Umasugi turut didampingi, Kasat Reskrim Polres Malteng, AKP Egidio Sumilait, Kasat Intelkam Polres Malteng, Iptu J.F.Aritonang, Kapolsek Amahai, Iptu Irwan, Kapolsek Pasanea, Ipda Rido Masihin, dan sejumlah perwira Polres Malteng. (CNI-01))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *