Tanda Kehormatan Bintang Legiun Veteran Republik Indonesia Diterima Gubernur Maluku

Pemerintahan

Ambon, CakraNEWS.ID– Gubernur Maluku Murad Ismail menerima penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). Selain diterima Gubernur, tanda kehormatan tersebut juga diterima empat veteran asal Maluku. Keempat anggota itu adalah Wakil Ketua DPD LVRI Maluku Linus Legotena, Bendahara DPD LVRI Maluku La Bolo Derlauw, Karo Juang DPD LVRI Maluku La Ali dan Koordinator DPR Kecamatan Nusaniwe DPC LVRI Pulau Ambon Maluku, Jonas Lasamahu.

Penganugerahan Bintang LVRI ini, berdasarkan Surat Keputusan LVRI No SKEP-42/MBLV/XI/12 Tahun 2020. Gubernur dan keempat veteran itu, dinilai berjasa menyumbangkan darma baktinya secara luar biasa untuk kegiatan Organisasi Legiun veteran RI tersebut.

Acara penganugerahan tersebut berlangsung pada Jumat, (16/4/2021), pukul 16.30 WIT di kediaman Gubernur Maluku. Turut hadir Forkopimda Maluku, pimpinan Instansi Sipil dan Militer di Provinsi Maluku dan para anggota LVRI Provinsi Maluku.

Menanggapi penganugerahan ini, Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya, memberikan penghargaan yang tinggi kepada DPD LVRI Provinsi Maluku yang telah menggagas, mengusulkan dan memberikan penganugerahan tanda Kehormatan Bintang LVRI.

“Secara pribadi, saya juga ingin menyampaikan terima kasih yang tulus kepada pengurus DPD LVRI Maluku, karena telah mengusulkan saya sebagai salah satu penerima tanda kehormatan diantara veteran lainnya,” kata Gubernur.

Menurut Mantan Dankor Brimob Polri itu, penganugerahan tanda kehormatan ini tentunya telah melalui berbagai pertimbangan matang, dengan memperhatikan jasa dan perjuangan serta dedikasi dan loyalitas kepada bangsa dan negara, sekaligus wujud meneruskan cita-cita perjuangan veteran RI.

“Sejarah panjang perjalanan bangsa dan negara Indonesia hingga saat ini, tidak dapat dilepas-pisahkan dari peran para veteran, yang tergabung dalam LVRI. Oleh karena itu, kita perlu mengingat selalu perjuangan yang telah dilakukan para veteran, baik yang sudah meninggal maupun yang masih hidup hingga saat ini,” tuturnya.

Gubernur mengingatkan, perjuangan dan pengorbanan para veteran dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan bangsa dan negara, patut dikenang sebagai sumber inspirasi bagi generasi saat ini maupun yang akan datang.

Mantan Kapolda Maluku itu menjelaskan, nilai-nilai perjuangan para veteran yang meliputi semangat nasionalisme, persatuan dan kesatuan, rela berkorban, cinta tanah air, saling menghormati dan menghargai serta bekerja keras itu, hendaklah ditanamkan kepada generasi masa kini, sehingga proses pembangunan dapat berlangsung dengan baik.

“Mari kita bersama-sama melaksanakan tugas dan tanggung jawab, serta peran masing-masing, dengan tetap mengingat dan memperhatikan nilai kejuangan yang telah ditanamkan para veteran,” jelasnya.

Di akhir sambutannya, Gubernur menyampaikan, perjuangan para veteran hingga saat ini tidak pernah kendor. Ini terbukti dengan semakin eksis dan berkembangnya organisasi kemasyarakatan yang menjadi wadah berkumpulnya veteran yaitu Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

“Oleh karena itu, kami senantiasa memberikan apresiasi yang tinggi kepada para veteran, baik secara organisasi maupun secara individu, yang telah berkontribusi terhadap pembangunan bangsa dan negara, serta daerah,” tutup Gubernur.*** (CNI-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *