Temui Kapolda Maluku, Ketua KPUD Minta Polda Maluku Bekap Pengamanan Pilkada di Empat Kabupaten

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Harapan mewujudkan terselenggaranya Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA), yang aman,damai dan lancar, secara serentak tahun 2020 di empat Kabupaten di Provinsi Maluku, menjadi tranding topic Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Maluku saat bertemu dan bersilatuhrami secara langsung dengan Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs Baharudin Djafar, M.Si.

Dalam kunjungan dan silatuhrami di Polda Maluku, KPUD yang dipimpin langsung oleh Ketua KPUD Maluku,  Syamsul Rifan Kubangun, disambut langsung oleh Kapolda Maluku, dan sejumlah pejabat utama di Mapolda Maluku, Senin (9/3/2020).

Kedatangan komisioner KPUD itu yang dipimpin ketua KPUD Syamsul Rifan Kubangun, disambut langsung oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol. Drs Baharudin Djafar, M.Si dan sejumlah pejabat utama di Mapolda Maluku, Senin (9/3/2020).

Ketua KPUD Maluku, Syamsul Rifan Kubangun mengatakan, kunjungan yang dilaksanakan oleh dirinya dan seluruh komisioner KPUD ini dalam rangka silaturahmi dan membangun sinergitas untuk mewujudkan Pilkada yang aman, damai, dan lancar serta sukses.

“Kita silaturahmi dengan pak Kapolda, apalagi pak Kapolda ini orang baru. Pak Kapolda kan mitra utama kita, apalagi dalam momentum Pemilu maupun Pilkada. Kita bersama Kepolisian akan bersinergi sehingga Pilkada yang ada berlangsung tahun ini dapat berjalan aman, damai dan lancar,”kata Syamsul, dalam pertemuan tersebut.

Kubangun terus menaruh harapan besar kepada Irjen Pol. Baharudin Djafar selaku Kapolda Maluku, dalam rangka membantu KPUD dalam menyukseskan  jalannya Pilkada, damai,aman dan lancar di Provinsi Maluku.

“Memang kita tahu bersama bahwa keamanan itu menjadi tanggungjawab kita bersama, namun tidak terlepas dari campur tangannya aparat kepolisian dan seluruh jajarannya untuk menjamin pelaksanaan pilkada yang aman dan sukses,” terangnya.

Sementara itu, Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs. Baharudin Djafar menegaskan, dirinya telah memerintahkan seluruh jajarannya terutama Kapolres diempat wilayah yang melaksanakan Pilkada untuk berkoordinasi maupun konsolidasi dengan pihak penyelenggara Pilkada, terkait kesiapan dalam mendukung kesuksesan pilkada serentak mendatang

” Pemain politik jangan main-main sama kita selama saya jadi Kapolda Siapapun dia, Partai apapun dia Insha Allah saya bertanggungjawab dengan semua langkah yang saya ambil untuk netral tidak berpihak kepada siapapun,”tegas mantan Karo Paminal Devisi Propam Polri itu dihadapan para komisioner dan empat Kapolres yang wilayahnya melaksanakan Pilkada nanti.

Menurut jenderal polisi bintang dua ini, pihaknya telah melakukan berbagai langkah dalam mengamankan Pilkada diempat kabupaten tersebut.

“Saya siapkan seluruh kekuatan yang kami miliki untuk membantu KPUD, dan Bawaslu, dalam menciptakan Pilkada yang aman dan damai. Kami juga nantinya akan dibeckup oleh rekan-rekan TNI kita,” beber orang nomor satu di Polda Maluku ini.

Dikesempatan tersebut, Kapolda juga menghimbau, kepada seluruh masyarakat khususnya diempat wilayah tersebut, untuk bisa membantu pihak penyelenggara, dan aparat keamanan dalam menjaga situasi dan kondisi keamanan sepanjang proses Pilkada hingga penetapan kepala daerah terpilih.

Untuk diketahui pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020,akan berlansung di empat Kabupaten yang ada di Provinsi Maluku, diantarannya, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Buru. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *