TFC Simpam Kota Pilkada Aru, Polres Aru Bersama TNI Dan Dishub Siap Jalankan Pengamanan

Militer Polri

Aru,CakraNEWS.ID- Sisitem pengamanan Kota, pada pelaksanaan Pilkada tahun 2020, yang berlangsung di Kabupaten Kepulauan Aru, digelar Kepolisian Resor Kepulauan Aru dalam kegiatan Tactical Floor Game (TFC).

Kegiatan TCF yang berlangsung di aula Wirasatya  Mapolres Kepulauan Aru, dipimpin langsung oleh Kepolres Kepulauan Aru, AKBP, Eko Budiarto, S.IK, didampingi Wakapolres, Kompol Ptrus Pasauw, Kabag Bin Ops, AKP Teddy, SH, S.IK, serta Para Pejabat Utama Polres Kepulauan Aru, Senin (28/9/2020).

Kegiatan TFC, turut dihadiri oleh Danlanal Dobo, Letkol (P) Rama Remiar Putra, Pabung Kodim Persiapan, Mayor Arm, H.La Musa, Kadishub, Kabupaten Kepulauan Aru, Edwin Patinasrany, Danramil 1503-03 Aru, Kapten ARM, Dody Masowoy, Danki 732/SNS, Lettu Inf, Eko Benhak,S.T.Han dan Danki Brimob, Iptu, Hidayat,S.IK.

Kabag Bin Ops Polres Kepulauan Aru, AKP Teddy kepada CakraNEWS.ID, melalui pesan via whatsap, Selasa (29/9/2020) menjelaskan, simulasi pengamanan Pilkada di Kabupaten Kepulauan Aru, dengan penanggungjawab pelaksanaan operasi pengamanan di kendalikan langsung oleh Kapolres Kepuluan Aru. Sedangkan Waka Polres selaku Waka opsres bertugas membantu Kapolres untuk mengecek perkembangan situasi dan kondisi personil di lapangan.

“Untuk tugas pengendalian operasi dilapangan serta mengatrus personil lapangan dan berkoordinasi dengan TNI dan Pemda, dilakukan oleh Kabag Bin Ops Polres Kepulauan Aru,”ucap Teddy.

Teddy menuturkan, dalam TFC simpam Kota Pilkada 2020, di Kepuluan Aru, juga akan melibatkan personil TNI, dengan tugas dan keweanganannya, diantaranya Dan Lanal Aru bertugas mengamankan wilayah perairan dan di bantu Pasops Lanal Aru bertugas sebagai pelaksana operasi di laut bertugas mengamankan pelabuhan Yos Sudarso dan pelabuhan rakyat serta perairan wilayah pesisir dan perairan seputaran pulau wamar.

“Dalam pelaksanaan simpam kota, personel Polres Kepulauan Aru, akan di backup oleh pleton anti anarkis dari personil Kompi 2 Yon C Pelopor Dobo, yang dipimpin langsung oleh Danki, yang bertugas untuk mengamankan kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Aru, dan kantor Badan Pengawas Pemilu (BAWSLU) Kepulauan Aru. Pengamanan di kantor KPUD dan Bawaslu Kepulauan Aru, juga akan dibackup oleh personil 734/Satria Nusa Samudara yang dipimpin oleh Danki,”tutur Teddy.

Teddy mengatakan, untuk mengamankan mobilisasi masa, Danramil 1503-03 Aru bersama persnil bertugas, untuk menutup jalar yang melewati tugu cendrawasi arah puncak dan pertigaan gereja Bethel. Sedangkan untuk tugas, Kadishub Kepulauan Aru bertugas menyiapkan kendaraa laut agar dapat digunakan ketika terjadi aksi masa pada wilayah kecamatan (MARLASI, BENJINA DAN KOIJABI). Tugas Kasat lantas Polres Kepulauan Aru beserta, personil bertugas menutup jalur SDN.4 dan tugu cendrawasih arah siput.

“Dalam pelaksanaan Pilkada, Polres Kepulauan Aru, melalui Kasat Binmas, akan mensosialisasikan dan memberikan himbauan Pilkada damai kepada masyarakat, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama Agama Agama Dan Tokoh Pemuda,” Ucapnya.

Teddy menuturkan, untuk pelaksanaan patroli slaut saat Pilkada, Satpol Air Polres Kepulaua Aru akan di backup oleh BKO Ditpolairud Polda Maluku dan di bantu Lanal Aru guna menghalau mobilisasi masa dari desa-desa pesisir.

 Sedangkan untuk tugas, Kasat Intelkam beserta anggotanya bertugas melaksanakan rangkani penyelidikan pengamanan dan pelanggaran Pilkada,serta selalu memantau perkembangan situasi di lapang dan melaporkan hasinya kepada Kapolres.

“Semua kegiatan simulasi yang dilaksanakan selalu mengedepankan protokoler kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Aru,”ungkap AKP Teddy. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *