TNI Bersama Masyarakat Leihitu Peringati Hari Veteran

Militer TNI

Maluku,CNI– Bagi masyarakat Maluku sudah tidak asing lagi dengan peristiwa bersejarah ini, hari pengibaran bendera merah putih yang diperingati setiap tanggal 27 Desember merupakan momentum sejarah yang tidak mungkin dilupakan karena pada tanggal tersebut telah terjadi peristiwa heroik yang menyatukan berbagai element masyarakat Maluku untuk bertempur mengusir kaum penjajah.

Upacara peringatan Hari Veteran ke-69 tahun dengan tema “Dengan Peringatan 69 tahun Penaikan Bendera Merah Putih Pertama Di Maluku Para Pejuang Veteran dan Anak-Anak Tetap Mempertahankan NKRI”,yang berlangsung di Desa Hitu Mesing,Kecamatan Leihitu,Kabupaten Maluku Tengah,Kamis (27/12/2018),dipimpin langsung Komandan Resor Militer (Danrem) 151/Binaiya, Kolonel Inf Hartono, S.IP sebagai Inspektur Upacara (Irup) dan Danramil 1504-02/Sirimau, Mayor Inf. Ibrahim sebagai Perwira Upacara (Paup).

Ketua Veteran Maluku dalam sambutan tertulis yang di bacakan Dandrem 151/Binaiya mengatakan, dengan merayakan hari penaikan bendera di tempat ini sama dengan mengobarkan kembali semangat dan komitmen ber-Indonesia serta membangkitkan kembali memori sejarah, dari negeri cengkeh pala inilah, peradaban merdeka dimulai, melalui pemberontakan Kapitan Pattimura tahun 1817.

Selain itu, memori sejarah kita pun dipompa untuk mengenang, jong ambon telah berkiprah di dalam gerakan perjuangan kemerdekaan sejak 1908.

“Semoga di momentum peringatan hari penaikan bendera hitumesing tahun ini, dapat lebih mengobarkan semangat kita agar membawa maluku lebih damai, sejahtera, maju, mandiri, religius dalam bingkai hidup orang basudara, dan semoga melaluinya, semangat untuk membangun indonesia semakin kokoh,”pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pangdam XVI/PTM diwakili Kol. Inf Dodi, Dandim 1504/Ambon, Danyon Satgas Yonif 711/Rakstama, Danlantamal diwakili Mayor L. Mochtar, Anggota DPD RI Ibu Ana Latuconsina, Ketu Persit Koorcab dan pengurus Persit koorcab Rem 151/Bny, pejabat Raja Kec. Leihitu, Ketua pengurus Legiun Veteran Prov. Maluku, Camat Leihitu, Kapolsek Leihitu, Ketua PPM Maluku dan Ketua Pemuda Bela Negara Provinsi  Maluku.(CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *