TNI/Polri Bersama Pemkab Dan Masyarakat Haltim, Gotong Royong Bersihkan Sampah di Pantai Buli

Militer TNI

CakraNEWS.ID- Peduli akan kebersihan pantai dari sampah dilakukan oleh Satgas Yonif 734/SNS dengan melaksanakam karya bakti pembersihan pantai Buli yang terletak di desa Buli, Kecamatan Maba, Kabupaten Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara, Minggu (14/9/2019).

Kegiatan pembersihan Buli, Kecamatan MABA melibatkan, Danpos Buli, Sertu M.Nur Baba beserta anggotanya yang berjumlah 4 orang, Camat Maba, Anggota Polsek Haltim, anggota Koramil, Anggota Pos TNI AL, Dinas perhubungan dan warga desa Buli. Semua elemen yang terlibat bergotong royong membersihkan pantai ini karena pantai buli merupakan ikon dari desa Buli.

Menurut Danpos Buli, Sertu M.Nur Baba,kegiatan pembersihan banyak dalam melibatkan semua unsur, masyarakat pun berbondong bondong menghadiri kegiatan bersih bersih pantai ini yang bertujuan agar ikon desa buli ini bisa kembali hidup dan bisa digunakan untuk wisata.

“Kami yakin kedepannya desa buli dapat menjadi destinasi desa wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan apabila didukung oleh semua unsur. Mulai dari Pemerintah Daerah,Pemerintah Kecamatan hingga Pemerintah Desa serta masyarakat sekitar yang ikut berpartisipasi dalam menyukseskan Ikon wisata baru desa Buli, Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur,”tutur Danpos Buli.

Menurut Dansatgas 734/SNS, Letkol Inf Edwin Charles, Indonesia merupakan negara kemaritiman yang memiliki wilayah perairan yang sangat luas, dan memiliki hasil laut yang sangat melimpah. Namun di era milenial ini populasi ikan laut mengalami penyusutan di karenakan sampah sampah non organik masuk kedalam lautan sehingga merusak ekosistem laut yang menyebabkan ikan kehilangan tempat untuk meletakkan dan menyimpan telur telurnya.

“Menjaga lingkungan ini adalah kewajiban bersama. Terlebih menjaga kelestarian pantai merupakan tanggung jawab kita bersama. Kalau kita tidak peduli siapa lagi yang akan mau merawat pantai tersebut. Atas dasar tersebut Pos Buli yang dipimpin oleh Danpos menggalahkkan pembersihan pantai, dan pelabuhan agar ikon Desa Buli ini menjadi hidup kembali dan wisata pantai dengan pasir putihnya akan kembali hidup. Menjaga, merawat dan melestarikan pantai itu perlu, karena disana banyak ekosistem yang saling berhubungan. Disana banyak satwa jadi kita harus pelihara habitatnya agar mereka tetap lestari,”ujar Dansatgas

Camat Maba, Robert Barbakem, dalam  arahannya, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kegiatan kerja bhakti pembersihan Pantai Buli yang dilakukan oleh Satgas 734/SNS bersama koramil, Anggota Posal, Polsek dan Dishub Haltim.

“Masyarakat mulai tergugah lagi untuk menjaga, merawat serta melestarikan Pantai beserta ekosistemnya. karena dengan pantai yang bersih tentunya ekosistem hayati dan hewani menjadi terjaga. Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada Satgas 734/SNS yang telah memprakarsai kegiatan tersebut dibantu oleh Anggota Polsek, Koramil, serta Posal. Semoga kedepan pantai ini akan menjadi ikon wisata dari desa Buli, Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur,”tutur Barbakem. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *