Umumkan Kelulusan Bintara Polri, Polda Maluku Minta Penambahan Kuota Ke Mabes Polri

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Sebanyak 211 peserta pria dan 8 peserta wanita asal Maluku, dinyatakan lulus calon anggota Polri, oleh Panitia Daerah Penerimaan Polri T.A, 2020 Polda Maluku.

Kelulusan 219 Calon Anggota Polri dari Panda Polda Maluku, diumumkan dalam sidang terbuka penetapan kelulusan akhir penerimaan Bintara Polri TA.2020, yang berlangsung di auditorium Universitas Patimura Ambon, Jumat (13/11/2020).

Sidang kelulusan akhir penerimaan BA Polri Panda Polda Maluku T.A 2020, dihadiri langsung oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol, Baharudin Djafar bersama Waka Polda Maluku, Brigjen Pol, Jan De Fretes, Irwasda Polda Maluku, Karo SDM dan Pejabat Utama Polda Maluku.

Mengawali penyampaian hasil seleksi, Karo SDM Polda Maluku, Kombes Pol Muh. Dwita Kumu Wardana mengatakan, hingga pengumuman  hasil kelulusan, jumlah yang lulus dan terpilih menjadi calon anggota Polri, belum juga di kirim oleh Mabes Polri.

“Dilaporkan juga jumlah peserta yang mengikuti seleksi sebanyak 2050 peserta terdiri dari 1755 pria dan 295 wanita. Sesuai Seleksi dari Panda Maluku yang lulus sebanyak 211 peserta pria dan 8 peserta wanita,”ungkap Karo SDM Polda Maluku.

Wardana menegaskan, pada seleksi penerimaan anggota Polri, yang dilaksanaan oleh Panda Polda Maluku, tahap demi tahap dilakukan secara bersih dan transparan.

“Seleksi ini telah dilakukan dengan tahapan-tahapan secara bersih. Apabila ada kesamaan nilai pada ranking akan di tentukan oleh nilai test yang lebih tinggi. Panda hanya menetapkan untuk polisi Tugas umum,”Ucapnya.

Ditempat yang sama Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Baharudin Djafar, dalam arahannya mengatakan, dalam proses sidang penetapan kelulusan, Polda Maluku selalu terbuka menerima komplain dari para peserta seleksi.

“Syukur kepada Allah SWT Karena atas limpahan berkat dan rahmatNya hari ini adalah waktu penentuan ranking, semua peserta seleksi yang hadir ini lulus tapi harus di ranking. Kalian harus merasa bangga dengan panitia yang berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan seleksi penerimaan calon Bintara Polri ini,” Kata Kapolda.

Lanjut Kata, Kapolda, Semestinya saat ini sudah ada yang lulus terpilih dan lulus tidak terpilih, namun Polda Maluku harus menetapkan ranking karena sementara meminta ke Mabes Polri untuk menambahkan kuota peserta Calon Bintara Polri saat ini.

“Dalam seleksi ini kami sangat terbuka agar  anak-anak mendapatkan keadilan dari hasil usaha mereka. Oleh sebab itu ada dibentuk pengawas external dan kerja sama dengan berbagai pihak jadi sangat kecil kemungkinan untuk ada yang main-main. Kami juga sudah siapkan konseling untuk komplen peserta yang lulus tidak terpilih. Dan Kalian harus merasa ini seleksi terbaik oleh Panda karena semua sudah sesuai ketentuan dan disahkan oleh mabes polri,”Ujar Kapolda.

Kapolda menuturkan, khusus untuk yang sudah masuk 179 Bintara  PTU pria itu sudah dinyatakan lulus dan terpilih, bagi yang lain berdoa semoga apa yang diminta ke Mabes Polri bisa diwujudkan.

“Pesan saya kalian harus betul betul menyadari ini datangnya  dari Tuhan yang maha Kuasa. Tingkatkan keimanan kepada Tuhan, semoga apa yang dicita-citakan boleh terwujud. Dan Jaga kondisi kesehatan, kakau belum terpilih,”Ujar Kapolda.

Kapolda pun berharap, agar tingkatkan disiplin, yang lulus jangan bikin masalah ini bukan akhir tapi awal dari proses kalian, harus miliki rasa tanggungjawab ingat pengorbanan kalian. jadi Polisi itu pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Terima kasih kepada panitia baik pengawas internal, external dan semua yang telah bekerja dengan baik semoga Allah SWT Senantiasa memberikan petunjuk kepada kita dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab kita kedepannya,”tutup Kapolda. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *