Umumkan Pemenang Lomba Cerdas Cermat, Kapolres SBB Motivasi Pelajar Tingkatkan Semangat Belajar Raih Masa Depan

Polri

Piru,CakraNEWS.ID- Evoria keikut sertaan para pelajar dalam mengikuti pelaksanaan lomba cerdas cermat yang di selenggarakan oleh Kepolisian Resor Seram Bagian Barat, tentunya menginspirasi para pelajar se Kabupaten SBB agar terus belajar dan berjuang untuk meraih masa depan yang gemilang.

“Janganlah kita dilihat dari juara atau kepintaran, yang terpenting adalah tetaplah para siswa semangat dalam belajar demi meraih masa depan,”pesan Kapolres SBB, AKBP Dennie Andreas Dharmawan, saat menyerahkan piala kepada peserta pememenang lomba cerdas-cermat, pada Minggu (21/5/2023) malam.

Pada pelaksnaan lomba cerdas cermat yang di ikuti oleh ratusan pelajar dari 76 sekolah se-Kabupaten Seram Bagian Barat tersebut, para pelajar asal SMP Negeri 1 Seram Barat, dan SMA Negeri 16 SBB, berhasil menunjukan kecerdasan pengetahun denga keluar sebagai juara 1 mengalahkan puluhan sekolah lain yang terlibat dalam lomba tersebut.

“ Untuk lombat cerdas cermat untuk tingkat SMP keluar sebagai juara 1 yakni, SMP Negeri 1 Seram Barat, juara 2 diraih oleh SMP Kristen Mornaten, dan juara 3 diraih oleh  SMP Negeri 7 Seram Barat, Sedangkan untuk tingkat SMA yang meraih juara pertama atau juara 1, SMA Negeri,16 SBB, untuk juara 2 diraih oleh SMA PGRI 2 Kairatu, dan juara 3, diraih oleh SMA Negeri 2 Seram bagian barat,”ungkap Dennie.

Menurutnya, kegiatan lomba cerdas-cermat yang di jalankan oleh Polres SBB sampai tingkat final itu berjalan dengan baik.

“Kita melihat para belajar banyak yang terharu, karena lewat perjuangan yang mereka miliki hingga sampai pada final itu adalah hal yang luar biasa,”ujarnya.

Orang nomor satu di Polres SBB ini mengatakan, para pelajar itu merupakan generasi SBB untuk mengurus masa depan kita, dan semangat kita bagi bangsa dan Negara di indonesia

“Ada 3 komponen yang harus kita bangun dalam hidup kita yaitu, Skill, ketrampilan, perilaku atau etika, yang harus dijaga dan dikembangkan, “ujarnya.

Dirinya sangat bangga dengan semangat yang dimiliki oleh para pelajar tersebut.

“Selaku Kapolres bangga punya anak – anak (pelajar-red ) yang dengan semangat bisa mengikuti kegiatan ini selesai tanpa kekurangan apapun,”tegasnya.

Selain untuk pelajar, Kapolres juga berpesan kepada para dewan guru, untuk tetap semangat dalam mendidik generasi masa depan SBB itu.

“Kemajuan daerah ini tergantung generasi kita saat ini, untuk itulah ajari dan jaga mereka sebab mereka adalah masa depan negeri ini,”pesan Kapolres.

Sementara itu, pesan dan kesan  dari perwakilan tingkat SMP, SMA dan guru pendamping, disampaikan Neisya Tanase dari SMP Negeri 1 Seram Barat mengatakan, atas nama peserta lomba cerdas-cermat Kapolres Cup dari tingkat SMP mengucapkan banyak terima kasih dari Kapolres SBB dalam  membuka kegiatan ini bagi kami para pelajar di Kabupaten SBB.

“Dengan momen ini kami merasa bangga dan berterima kasih, yang mana di kabupaten SBB ini, sudah sekian lama atau beberapa Tahun baru dilaksanakan lagi, sehingga kegiatan ini  kami para pelajar  tingkat SMP berlomba-lomba untuk mengikuti kegiatan ini,”kata dia saat itu.

Tanase berharap, semoga di tahun-tahun kedepan kegiatan ini boleh dapat berjalan lagi, bukan hanya dari Polres tapi juga dari dinas Pendidikan Kabupaten SBB atau dari instansi yang lain

Ditempat yang sama, perwakilan dari SMA Negeri 16 SBB, Ratih N. Aisyah Pellu mengucapkan banyak terima kasih kepada Kapolres SBB, yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Dengan kegiatan seperti ini, kami merasa bangga yang mana kami dari pelosok pulau Manipa, bisa sampai dengan tingkat final dan mendapat juara juga pada kegiatan ini. Saya merasa bangga, dengan semua perjuangan yang kami kerjakan dalam hal ini (belajar-red), walaupun waktu yang begitu singkat, tapi puji Tuhan kami bisa berhasil dalam perlombaan ini,”kata dia dengan penuh haru.

Pellu menegaskan, kegiatan tersebut juga merupakan suatu pelajaran baik bagi kita semua, sehingga kedepan bisa lebih baik dari hari  ini.

Selain itu, salah satu guru pendamping lainnya, Edo Larhury mengaku, lewat pesan dan kesan dalam pelaksanaan lomba cerdas-cermat Kapolres SBB, atas partisipasi dan dedikasinya untuk membuat kegiatan ini bagi pelajar, sehingga dapat mengikuti kegiatan ini dengan semangat.

“Kami mengharapkan lewat momen ini kita dapat melakukannya untuk lebih semangat lagi kedepannya. Saya melihat anak-anak (pelajar-red), adalah anak-anak  yang pintar, oleh karena marilah dari Dinas Pendidikan Kabupaten agar kedepannya dapat diperhatikan, sehingga anak – anak kami tidak dalam masa keterpurukan dalam hal ini pendidikan menurun,”tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pelaksanaan lomba cerdas-cermat resmi digelar oleh Polres Seram Bagian Barat (SBB). Sebelum pelaksanaan cerdas-cermat itu, dilaksanakan apel bersama dengan seluruh peserta, dewan juri, dan personil Polres SBB di Mapolres SBB.

Kapolres SBB AKBP Dennie Andreas Dharmawan, mengatakan kegiatan lomba cerdas-cermat yang diselenggarakan oleh Polres Seram Bagian Barat, saat ini dilangsungkan dibawa sorotan tema “POLISI SAHABAT PELAJAR, BERGERAK BERSAMA SEMARAKKAN MERDEKA BELAJAR” dan sub tema “BANGKITKAN SEMANGAT BELAJAR DIKALANGAN GENERASI MUDA” sekaligus untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional yang ke-78.

“Kegiatan ini mempunyai makna yang sangat penting bagi kita semua, kita harus senantiasa mengingat bahwa pendidikan merupakan pondasi utama, bagi kemajuan dan keberhasilan suatu bangsa karena melalui pendidikan kita dapat menciptakan manusia yang berkualitas, unggul, dan berdaya saing tinggi,”kata Kapolres saat apel pembukaan cerdas-cermat, yang dipusatkan di Mapolres SBB, Rabu (17/5/2023).

Menurutnya, Polres Seram Bagian Barat lewat kegiatan lomba cerdas-cermat ini ingin membuktikan Polri merupakan lembaga yang turut berpartisipasi aktif dalam menyukseskan program pemerintah sebagaimana tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 yaitu “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.

“Oleh karena itu lewat program Polisi sahabat Pelajar, Polres Seram Bagian Barat, ingin merangkul seluruh lapisan masyarakat khususnya para pelajar untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif ditengah-tengah masyarakat dengan cara membangun semangat belajar yang merdeka, kreatif, dan inovatif,”ungkap Kapolres.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 76 sekolah itu terdiri dari SMP, SMA dan SMK.

“Untuk tingkat SMP itu, ada 37 sekolah atau 37 kelompok, dengan jumlah siswa 111 orang. Kemudian untuk  tingkat SMA dan SMK total 39 peserta atau 39 sekolah, dengan jumlah siswa 117 orang,”tandasnya.*CNI-03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *