Waka Polda Maluku Bersama Jajaran, Salurkan Bantuan Untuk Masyarakat di Camp Pengungsian

Militer Polri

Maluku,CakraNEWS.ID- Penyaluran bantuan kemanusian untuk korban bencana alam Maluku yang masih menempati tenda-tenda pengungsian, terus dilakukan oleh Kepolisian Daerah Maluku.

Selain menyalurkan bantuan sembako, dan obat-obat serta menerjunkan tim medis kepada para pengungsi korban gempa di Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, Polda Maluku juga menyalurkan bantuan kepada para masyarakat korban gempa yang ada di camp pengungsian di Kabupaten Seram Bagian Barat. Ditribusi dan penyaluran bantuan dengan menggunakan truk kepada masyarakat di Kabupaten SBB, dipimpin langsung oleh Waka Polda Maluku, Brigjen Pol Teguh Sarwono.

Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Teguh Sarwono yang ditemuai Wartawan di Mapolda Maluku, Rabu (9/10/2019) mengatakan, bantuan tahap III yang disalurkan ini merupakan hasil dari sumbangan seluruh personil Polda Maluku. Bantuan yang disalurkan merupaka bahan sembako, selimut, sarung dan kebutuhan lainnya sebanyak 10 truk.

Baca Juga: Polda Maluku, Salurkan Bantuan Untuk Masyarakat Korban Gempa

“Hari ini  Polda Maluku kembali menyalurkan bantuan yang merupakan tahap III kepada para korban gempa. Bantuan yang kita salurkan ini berasal dari seluruh personil Polda. Bantuan yang pertema kita salurkan sehari setelah gempa, kemudian saat pelaksanaan TdAM II akhir September kemarin,”ungkap Waka Polda .

Jenderal bintang satu itu mengatakan,bantuan yang diberikan ini merupakan bentuk kepedulian dari seluruh personil Polda Maluku, kepada para korban gempa, yang sampai detik ini masih hidup ditenda-tenda pengunsian.

“Kita akan suport masyarakat, polisi selalu hadir ditengah-tengah masyarakat, dan kita siap selalu mengamankan serta meringankan beban mereka, serta kita siap mendukung pemerintah dalam upaya penanggulangan korban gempa, dan semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat utamanya korban gempa,”Pintanya

Baca Juga: Ditlantas Polda Maluku, Hibur Anak-Anak Korban Gempa Di Camp Pengungsian

Mantan Wakapolda Daerah Istimewa Yogyakarta itu menegaskan, kepedulian dari Polda Maluku, terhadap para korban gempa terus dilakukan sampai pemerintah mengatakan, proses penanganan korban gempa bumi di Maluku selesai.

“Kita semua mendukung untuk pemulihan korban gempa bumi, kita juga selalu berdoa sehingga semuanya bisa selesai dan masyarakat bisa hidup seperti dulu lagi,” tutur jenderal polisi bintang satu ini.

Disinggung soal bantuan dari Polda lain yang masuk ke Polda Maluku, alumnus Akpol 1987 ini mengaku ada. Hanya saja dirinya belum memastikan bantuan dari Polda mana yang tiba duluan di Maluku.

“Bantuan dari Polda-Polda lain juga akan masuk, karena kemarin sudah ada instruksi dari Mabes Polri. Siapa yang ada tiba duluan belum bisa kita pastikan, tapi besok (Kamis 10 Oktober) bantuan dari Baharkam Polri sudah tiba dan itu diserahkan langsung oleh Kabaharkam Komjen Pol. Drs Condro Kirono,” terangnya.

Untuk bantuan dari Baharkam itu, lanjut orang nomor dua di Polda Maluku ini, direncakan akan disalurkan ke Pulau Haruku, dan kecamatan Salahutu.

Baca Juga: Polda Maluku Salurkan Bantuan Sembako dan Obat-Obatan, Kepada Masyarakat Korban Gempa di Kecamatan Salahutu-Malteng

“Kemudian dihari berikutnya akan ada lagi bantuan-bantuan dari beberapa Polda, termasuk Kepuluan Riau, akan masuk kesini dan langsung disaluruhkan kepada para korban gempa yang ada di lokasi-lokasi pengungsian,”tandasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. Mohamad Roem Ohoirat menambahkan, penyaluran bantuan 10 truk milik Polda Maluku itu disalurkan ke-10 titik lokasi pengungsian yang ada di Kecamatan Leihitu dan Salahutu, Maluku Tengah.

“Kesepuluh titik diantaranya, Pasantren Hisbullah Negeri Hitu, lapangan bola dusun Wanat, pengunsi asal Waimolong, negeri Hitu, dusun Oli Gunung, pengunsi asal desa Wakal, lokasi pata raja desa Morela, gunung parsan atau SMA Negeri 1 Hila. Kampus Darussalam Tulehu, desa Tenga-Tenga, desa Suli, depan SMP Negeri Liang, dan desa Waai. Seluruh mobil truk yang berisikan bantuan itu diserahkan oleh pejabat utama Polda, mulai dari Wakapolda, para Karo, Kabid, Kayanma dan Kasetum,”tutur Ohoirat. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *