Wakpolda Maluku Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan

Adventorial News

Polda Maluku Resmi Gelar Operasi Keselamatan Siwalima 2022.

Ambon, CakraNEWS.ID– Kepolisian Daerah Maluku resmi menggelar Operasi Keselamatan dengan sandi Siwalima Tahun 2022, Selasa (1/3/2022).

Operasi terpusat ini dibuka oleh Wakapolda Maluku Brigjen Pol Drs. Jan de Fretes M.M melalui apel gelar pasukan yang dihelat di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Kota Ambon.

Wakapolda Maluku saat membacakan amanat Kapolda menyampaikan, apel gelar pasukan dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcar Lantas menjelang bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, di tengah pandemi virus covid-19.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa permasalahan di bidang lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas sehari-hari,” kata Wakapolda.

Saat ini, lanjut Wakapolda, selain permasalahan keselamatan berlalu lintas yang berhubungan langsung dengan orang, kendaraan, jalan dan sarana prasarananya, terdapat permasalahan pandemi covid-19. Untuk itu, juga dibutuhkan upaya khusus dalam menanggulangi penyebaran covid-19.

Dengan permasalahan tersebut, kata dia, diperlukan upaya penanganan secara profesional dan komprehensif agar terwujud kenormalan baru sebagaimana yang diharapkan.

“Oleh sebab itu dalam menghadapi permasalahan tersebut dibutuhkan peran serta seluruh stakeholder dalam upaya meningkatkan kampanye protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas, selain itu juga diperlukan koordinasi,” jelasnya.

Guna memberi solusi atas permasalahan tersebut, pengembangan fungsi operasional Polri telah menetapkan kalender operasi keselamatan 2022 yang kali ini dilaksanakan menjelang bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Sasaran Operasi meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata sebelum pada saat dan pasca operasi Keselamatan Siwalima 2022 yang dapat menghambat dan mengganggu kamseltibcarlantas serta menekan penyebaran covid-19.

Operasi Keselamatan Siwalima merupakan salah satu upaya Polri untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas yang dilaksanakan dengan melalui pendekatan preemtif dan preventif terutama dalam rangka menekan penularan covid 19 di jalan.

Kegiatan tersebut, kata dia, dilakukan cara memberdayakan fungsi kamsel lantas secara optimal, penerangan masyarakat di media cetak maupun elektronik serta pelayanan informasi lalu lintas melalui manajemen media lantas Polda Maluku, sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat pengguna jalan,” pintanya.

“Operasi kepolisian dengan sandi Keselamatan Siwalima 2022 ini akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 1 Maret sampai dengan 14 Maret 2022 secara serentak di seluruh wilayah Indonesia,” pungkasnya.

Untuk diketahui, hadir dalam pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Siwalima 2022 yakni AS Ops Kodam XVI/Patimura Ambon, Kasi Ops Korem 151/Binaiya, Aspotmar Lantamal IX/Ambon, Aspidum Kajati Maluku, Hakim Tinggi Senior Pengadilan Tinggi, Pejabat Utama Polda Maluku, dan Kapolresta Pulau Ambon.*** CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *