Wisata Alam Air Eti Batu Liang Di Kabupaten SBB, Tempat Liburan Yang Sejuk Bagi Wisatawan

Traveling

Piru,CakraNEWS.ID- Pesona keindahan alam tiga batang air Eti, air Tala dan air Sapalewa,menjadi destinasi wisata yang ada di Pulau Seram, tepatnya di Desa Morekau, Kecamatan Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Selain airnya mengalir jernih, tiga batang air yang ada di Kabupaten SBB ini juga merupakan tempat bersejarah para pendahulu dari desa-desa adat yang ada di Kabupaten yang berjuluk Bumi Saka Mesa Nusa itu. Keindahan dan ke-elokan destinasi wisata alam di Kabupate SBB,mulai dikenal oleh para pengunjung yang tidak lain adalah masyarakat Kota Piru dengan nama Batu Liang

Tempat wisata air Eti Batuliang, baru mulai terkenal sejak November 2019, oleh Masyarakat Desa Morekau, dengan menata pembersihan, membuat tempat duduk,tempat penjualan kuliner di sepanjang tepian air batu liang.

Di tempat wisata air Eti Batu Liang ini, tersedia bermacam-macam kuliner gorengan khas Maluku, seperti  talas goreng,sukun goreng kasbi goreng, rujak dan buah-buahan, durian, rambutan dan langsa. Serta minuman ringgan mulai dari Aqua sampai dengan kopi dan teh manis, dengan harganya terjangkau sekali oleh pengunjung.

Untuk sampai ke lokasi wisata air Eti Batu Liang,para pengunjung dapat menempuh jarak kurang lebih 1 kilo meter (KM) dari Desa Morekau, menggunakan sepeda motor maupun mobil dengan waktu yang ditempuh kurang lebih 15 menit.Keindahan dan kesejukan dari air Eti Batu Liang, membuat tempat tersebut, mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal untuk mengisi waktu liburan.

Semenjak Bulan januari tanggal 2 Tahun 2020, para Pengunjung wisatawan Lokal di Kabupaten SBB bahkan pengujung wisatawan dari Kota Ambon mulai berdatangan, untuk menikmati alamnya yang di kelilinggi dengan tebing Batu yang begitu terjal dan di kelilinggi dengan pepohonan yang masih hijau dan perawan.

Setiap pengunjung yang datang menikmati pemandangannya yang begitu indah,dan air yang begiti sejuk,dan pada saat pulang tidak di pungut biaya atau tagihan oleh penjaga, namun ada semacam kotak amal yang bertuliskan “Sukarela”, terserah pengunjung mau masukan berapa rupiah tergantung pengunjung.

Salah satu Tokoh Masyarakat Desa Morekau, Max Salenussa yang di temui CakraNEWS.ID, dilokasi Batu Liang, mengatakan tempat wisata Air Eti Batu Liang, telah dikelola oleh masyarakat setempat sejak bulan November 2019, dan mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal di bulan Januari 2020. Saat berkunjung ke lokasi wisata tersebut,para pengunjung dapat menimati aliran air dari bebatuan alam yang begitu jernih dan sejuk

“Wisata alam air Eti Batu Liang ini pada awalnya, sudah mulai dirawat dari bulan November 2019, dan di kelola oleh Masyarakat Desa Morekau. Dan tanggal 2 Januari 2020 pengunjung sudah beradatangan, untu mandi dan berekreasi dengan keluarganya. Kurang lebih pada saat itu mencapai 200 orang itu dari Kab SBB sendiri dan dari Ambon juga,”kata Salenussa.

Salenussa berharap, lokasi wisata air Eti Batu Liang dapat mendapat  dari Pemerintah Daerah Kabupaten SBB, terutama Dinas Pariwisata agar dapat melihat tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten SBB. (CNI-04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *