Wujud Nyata Karya Bhakti TNI Untuk Masyarakat, Kodam XVI/Pattimura Serahkan Bantuan 100 Jamban Sehat Untuk Masyarakat Di 3 Desa Di Kecamatan Salahutu 

Militer TNI

Maluku,CakraNEWS.ID- Bantuan kepada masyarakat kurang mampu khususnya warga yang belum memiliki jamban, dilakukan oleh Kodam XVI/Pattimura dengan memberikan bantuan 100 jamban sehat kepada masyarakat  yang aa di tiga desa di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Pemberian 100 jamban kepada masyarakat yang ada di Kecamatan Salahutu, yang diberikan secara simbolis Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq yang diwakilkan oleh Wakil Asisten Teritorial Kodam XVI/Pattimura Letkol Inf Yayat Priyatna, pada apel pelaksanaan kasyara bhakti TNI dalam rangka serbuan teritorial tahun anggaran 2020 yang berlangsung di Makoramil 1504-04/Salahutu, Senin (09/03/2020).

Pangdam XVI/Pattimura dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Asisten Teritorial Kodam XVI/Pattimura Letkol Inf Yayat Priyatna mengatakan, program jambanisasi yang dilaksanakan Kodam XVI/ Pattimura menyasar warga kurang mampu di wilayah teritorial Koramil 1504-04/ Salahutu meliputi kawasan Desa Suli dan Tulehu, Kec Salahutu, Kab Malteng.

“Penentuan sasaran program jambanisasi ini didasarkan survey lapangan dan koordinasi Babinsa dengan pihak desa. Namun tentunya dengan beberapa kriteria, diantaranya warga yang berpenghasilan di bawah rata-rata UMK, belum memiliki jamban dan sejumlah kriteria lainnya,” terang Pangdam.

Menutur Pangdam, program jambanisasi bagi keluarga kurang beruntung secara ekonomi ini, merupakan upaya TNI dalam membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

“Ini bentuk konkret pembinaan teritorial melalui program Bakti TNI dalam rangka Serbuan Teritorial Kodam XVI/Pattimura Tahu 2020 demi tewujudnya Kemanunggalan TNI dengan rakyat dan ketahanan wilayah,”tutur Pangdam.

Pembuatan 100 buah jamban sehat ini dikerjakan anggota TNI dari Koramil 1504-04/Salahutu bersama warga penerima bantuan dan masyarakat setempat yang pengerjaannya ditargetkan akan diseleaikan selama tiga hari terhitung sejak Senin (9/3/2020) sampai dengan Rabu (11/3/2020)

Untuk target pembuatan jamban terpusat di Koramil 1504-04/Salahutu sebanyak 100 buah, sedangkan tersebar di sejumlah Kodim-Kodim jajaran Kodam XVI/Pattimura sebanyak 270.

“Selain untuk membantu mewujudkan kesadaran akan lingkungan yang sehat dan nyaman, program jamban ini bertujuan untuk membangun semangat kebersamaan dan gotong royong serta memantapkan Kemanunggalan TNI–Rakyat,” ungkap Pangdam.

Sementara itu, Angky (37), warga Desa Tial, salah satu penerima bantuan jamban mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan jamban sehat untuk keluarganya.

“Terima kasih kepada Bapak Pangdam XVI/Pattimura dan anggota TNI dari Koramil 1504-04/Salahutu yang telah mengulurkan bantuan jamban melalui Babinsa-babinsa kepada warga, kami merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan ini, yang dulunya sudah mencari tempat untuk BAB, sekarang sudah dipermudah dengan adanya program jambanisasi,” ucap Angki. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *