Site icon Cakra News

Kompolnas: Keteladan Jenderal Hoegeng Imam Santoso Jika Di Ikuti Anggota Polri, Polri Akan Di Cintai Masyarakat

Jakarta,CakraNEWS.ID-Keteladanan Tokoh kepolisian Indonesia yang pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia ke-5, Jenderal Polisi  (Purn) Hoegeng Iman Santoso, yang terkenal sebagai polisi paling berani dan jujur di Indonesia, masih terus di kenang di jajaran sejarah perjalanan Polri dari masa ke masa.

Walaupun kini tiada, Almarhum Jenderal Polisi  (Purn) Hoegeng Iman Santoso yang lahir di Pekalongan, Jawa Tengah 14 Oktober 1921, menjadi inspirasi bagi insan Bhayangkara Polri.

Keteladan sang Jenderal, yang di nilai sebagai seorang anggota Polri yang  bersih, jujur, dan sederhana, menginspirasi Polri dengan mengadakan ajang Hoegeng Awards.

Ajang bergengsi di lingkup korps Tribrata itu, bertujuan mencari sosok Anggota Polri yang meneladani kehidupan Almarhum Jenderal Polisi  (Purn) Hoegeng Iman Santoso

“Jenderal Hoegeng memberikan teladan kepada anggota Polri agar menjadi polisi yang bersih, jujur, dan sederhana,”ungkap Anggota Komisi Kepolisian Nasional (KOMPOLNAS), Poengky Indari dalam keterangan kepada wartawan, Kamis (18/5/2023).

Menurut Poengky, jika teladan Jendral Hoegeng dapat ditiru dan dilaksanakan seluruh anggota Polri saat ini, maka Polri akan makin dicintai masyarakat.

“Ada sekitar 450 ribu anggota Polri dan yang bermasalah sebetulnya hanya sedikit. Tetapi menjadi viral dan heboh. Akibatnya banyak polisi di lapangan yg bekerja baik dan jujur, tetapi kalah oleh berita-berita viral akibat polah anggota yang nakal dan mereka yang baik ikut terdampak,”ucap Poengky.

Poengky mengatakan, tahun 2022 diselenggarakan Hoegeng Award 2022 dengan 3 kategori Polisi Berintegritas, Polisi Berinovasi, dan Polisi Berdedikasi. Tahun ini ada penambahan 2 kategori yaitu Polisi Pelindung Perempuan dan Anak, serta Polisi di Tapal Batas dan Pedalaman.

“Saat ini sudah ditetapkan 15 anggota Polri yang masing-masing merupakan 3 kandidat dari 5 kategori. Proses selanjutnya adalah uji publik. Tanggal 14 Juli yang menandai peringatan wafatnya Jendral Hoegeng, akan diumumkan siapa saja penerima Hoegeng Award 2023,”pungkasnya.

Baca Juga:Polri Libatkan Kompolnas, Jadi Dewan Pakar Hoegeng Awards 2023

Diketahui sebelumnya, Hoegeng Award, kembali di gelar oleh Kepolisian Republik Indonesia. Penganugerahan Hoegeng Award yang akan berlangsung pada tanggal 14 Juli 2023, bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada anggota Polri yang telah menunjukkan integritas tinggi dan keteladanan dalam menjalankan tugasnya.

Pengumuman Hoegeng Award, yang berlangsung pada tanggal 14 Juli 2023, bertepatan dengan peringatan meninggalnya Kapolri almarhum Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso, yang menjadi inspirasi acara ini.

Nama-nama polisi yang diusulkan terdiri dari berbagai pangkat dan jabatan, mulai level Bhabinkamtibmas hingga Kapolda dari berbagai wilayah di Indonesia.

Mereka diusulkan dalam lima kategori di Hoegeng Awards 2023, yaitu Polisi Inovatif, Polisi Berdedikasi, Polisi Berintegritas, Polisi Pelindung Perempuan dan Anak, serta Polisi Tapal Batas dan Pedalaman.

Ada lima orang tokoh masyarakat yang dilibatkan menjadi Dewan Pakar Hoegeng Awards 2023 yakni, Wakil Ketua MPR RI H. Arsul Sani,S.H,M.Si, Mantan Plt Pimpinan KPK Dr. Mas Achmad Santosa, S.H, LL.M, anggota Kompolnas Poengky Indarti, S.H, LL.M, Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia Alissa Qotrunnada Wahid, S.Psi, dan anggota Komnas HAM Putu Elvina, S.Psi, MM. *CNI-01

Exit mobile version