Site icon Cakra News

Presiden Dorong Pemerintah Daerah Benahi Pasar Tradisional

Jakarta,CakraNEWS.ID-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong pemerintah daerah (Pemda) di Indonesia  untuk melakukan pembenahan terhadap pasar tradisional. Supaya, pasar tradisional mampu bersaing dengan pasar modern.

Pembenahan yang dimaksud dengan manajemen penataan yang baik, sehingga pasar tradisional menjadi pilihan dari berbagai kalangan masyarakat untuk belanja kebutuhan sehari-hari.

“Hanya memang perlu manajemen yang baik, penataan barang yang baik, pasar yang bersih, tempat parkir ada. Saya kira, semua daerah harus arahnya ke sana,” ujar Presiden Jokowi yang dikutip melalui siaran pers, Jumat (10/2/2023).

Menurut Presiden, adanya dukungan dari pemerintah tersebut, tentunya dapat membuat pasar tradisional lebih sering didatangi oleh berbagai kalangan masyarakat. Mengingat, ada keunggulan yang hanya dimiliki oleh pasar tradisional saja.

“Kalau persaingan harga pasti menang di pasar tradisional karena enggak kena pajak, enggak kena biaya listrik yang tinggi (karena) enggak kena AC, bisa bersaing,” kata Presiden.

Di dalam setiap kunjungan ke daerah, Kepala Negara acap melakukan peninjauan ke pasar yang ada di daerah. Hal tersebut dilakukan untuk memantau harga terutama harga kebutuhan pokok yang dapat memicu inflasi.

“Kalau ke pasar selalu saya dengan gubernur, dengan wali kota mengecek urusan harga-harga, mengecek urusan inflasi, mengecek urusan kenaikan barang dan jasa, karena ini penting,” ujar Presiden.*CNI-02

Exit mobile version