Ambon, CakraNEWS.ID– Gubernur Maluku, Hendrik Lewerissa, menegaskan bahwa pendidikan tinggi harus menjadi motor utama transformasi pembangunan Maluku menuju Indonesia Emas 2045.
Hal ini disampaikan saat menghadiri Rapat Koordinasi Pimpinan Badan Penyelenggara dan Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Tahun 2025 yang digelar LLDIKTI Wilayah XII di Kantor Kopertis Wilayah XII Ambon, Jumat (22/8/2025).
Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi RI, Prof. Dr. Fauzan serta para rektor, pimpinan yayasan, dan pemangku kepentingan pendidikan tinggi dari Maluku dan Maluku Utara.
Dalam arahannya, Gubernur Lewerissa menekankan pentingnya peran perguruan tinggi sebagai pusat transformasi, mahasiswa sebagai penggerak perubahan, dan riset sebagai landasan kebijakan pembangunan daerah.
“Pendidikan tinggi yang berdampak bukan hanya melahirkan lulusan cerdas secara akademik, tetapi juga berkarakter kebangsaan, peduli sosial, dan memiliki daya saing global,” tegasnya.
Ia juga menggarisbawahi bahwa kampus harus mampu menjawab persoalan mendasar Maluku, mulai dari kemiskinan, ketimpangan, hingga pengangguran, sekaligus mengoptimalkan potensi unggulan daerah seperti perikanan, pertanian, perkebunan, pariwisata, energi, dan sumber daya mineral.
Untuk itu, Pemerintah Provinsi Maluku menyiapkan sejumlah strategi, antara lain mendorong kolaborasi kampus dengan pemerintah daerah dan dunia usaha, menjadikan riset perguruan tinggi sebagai rujukan kebijakan pembangunan, memperkuat Maluku Center of Excellence, hingga mendukung mahasiswa melalui KKN tematik dan program wirausaha sosial.
“Kita sedang menuju Indonesia Emas 2045. Maluku tidak boleh menjadi penonton, tetapi harus tampil sebagai pelaku sejarah, dan itu dimulai dari kampus-kampus kita,” tandas Gubernur.
Ia berharap kegiatan ini menjadi momentum penting memperkuat sinergi antara perguruan tinggi, pemerintah, dan dunia usaha dalam membangun ekosistem pendidikan tinggi yang progresif dan berdampak nyata bagi kesejahteraan masyarakat Maluku.***