20 Ribu Warga SBB Belum Miliki E-KTP, Plt  Kadis Bergerak Langsung Tembus Dirjen

Adventorial News

Piru, CakraNEWS.ID–KURANG  lebih 20 Ribuan warga kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) belum merekam KTP elektronik.

Hal Ini diaku Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Julius Nuhuway  Saat ditemui CakraNEWS.ID menyatakan, dirinya baru ditunjuk oleh Bupati memimpin dinas tersebut.

“Tantangan besarnya adalah menghadapi Pemilu 14 Februari 2024 mendatang,” akui Nuhuway.

Dikatakan, setelah dirinya diamanahkan PJ Bupati sebagai Kepala Dinas Duk Capil pada awal bulan Januari kemarin,dirinya menyadari urgensi yang jelang pesta rakyat 2024.

“Ini menjadi  tantangan besar untuk Beta sebagai PLT yang baru untuk bisa mengejar target , bagai mana kelengkapan pasilitas Dinas Duk Capil untuk siap melakukan pelayanan kepada Masyarakat,” terangnya.

Diakui, awal bertugas, pihaknya mendapat kendala serius, yaitu kehabisan blangko  KTP. Namun upaya dirinya dan jajaran dapat berkomunikasi langsung ke Dirjen Duk Capil RI  untuk melakukan permohonan permintaan  blangko KTP berdasarkan perintah dari PJ Bupati.

“Syukur sekali, arahan Pj. Bupati itu direspon cepat dari Direktur Jenderal Kependudukan Catatan Sipil, Pa.Dr. Drs.H Teguh Setiabudy. Ini sangat luar biasa, awalnya setiap daerah mendapatkan blangko KTP maksimal 4000 pcs. Namun kami dari Kabupaten SBB mendapatkan 16.000 blangko KTP, dan penambahan bantuan  walaupun itu dalam status peminjaman, dan diberikan bantuan satu set alat Perekaman dan satu unit alat cetak E- KTP,” papar Nuhuway.

Upaya yang dilakukan guna mempermudah dalam perekaman dan pencetakan KTP dengan target 20 ribu penduduk SBB sebagaimana data yang belum membuat KTP.

Dikatakan, upaya pihaknya, sebelum momentum  tanggal 14 Februari semua sudah selesai melakukan perekaman,sehingga untuk mencapai target Dinas Dukcapil SBB akan turun langsung dalam Pelayanan Kependudukan bagi Kecamatan yg memiliki penduduk terbanyak yang belum melakukan perekaman.

Nuhuway menambahkan, kendala di Dinas Duk Capil Kab SBB adalah Sumber Daya Manusia (SDM), karena Dinas Duk Capil sudah 6 tahun mengalamai kekosongan jabatan Struktural, baik itu kepala Bidang dan  Kasubag sehingga menjadi penyebab pelayanan kependudukan di Duk Capil.

“SDM itu sangat berpengaruh, namun sudah kami sampaikan ke Bapak Bupati dan dalam proses pengusulan. Secepatnya akan dieksekusi,” terangnya.

Ketika ditanyai perihal ruang pelayanan, dirinya menegaskan akan menatahnya lebih baik. Dikatakan, ruang pelayanan itu menjadi factor tantangan kedepan untuk berbenah sehingga Dinas Dukcapil kedepan menjadi Tempat Pelayanan yang nyaman bagi masyarakat Seram Bagian Barat.

“Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat juga mengucapkan terimah kasih kepada ,Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementrian Dalam Negeri  RI. Dr.Drs. H Teguh Setiabudi M.Pd.yang sudah membantu Kami memberikan 16.000.keping KTP dan satu set alat Perekaman dan satu unit alat cetak E-KTP,” pungkasnya.*** CNI-03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *