51 Tahun Basarnas, Harapan Gubernur MI Dibacakan

Adventorial News

Gubernur Murad : Selamat Ulang Tahun ke-51 Basarnas, Utamakan Misi Kemanusiaan

Ambon, CakraNEWS.ID– Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutanya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Mustafa Sangadji, menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-51 kepada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), pada Coffee Morning dan Syukuran yang digelar di lantai II Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Ambon, Selasa, (28/2/2023).

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Maluku, saya mengucapkan selamat hari ulang tahun yang ke-51 Basarnas tahun 2023. Semoga Basarnas lebih maju dan profesional di bidang pencarian dan pertolongan kepada korban bencana alam. Saya juga berharap agar Basarnas lebih mengutamakan misi kemanusiaan dalam membantu korban bencana,” kata Gubernur.

Kepala daerah berujar, memiliki karakteristik kepulauan menjadikan masyarakat Maluku sangat rentan dengan bencana alam seperti gempa, tanah longsor maupun bencana alam lainnya.

Tidak dapat dipungkiri, sambung Gubernur, pengaruh musim yang tidak menentu seperti angin kencang, hujan, badai yang terjadi diluar prediksi menyebabkan terjadinya gelombang laut yang besar, banjir hujan yang lebih dan menyebabkan tanah longsor sehingga dapat mengancam keselamatan dan kecelakaan transportasi di perairan.

“Mencermati hal diatas, sebagai instansi yang bertanggung jawab terhadap operasi pencarian, penyelamatan, pertolongan dan evaluasi pada pelayanan kebencanaan pada tahap darurat serta kondisi membahayakan masyarakat, Gubernur berharap Basarnas berupaya untuk meningkatkan kemampuan dengan pertolongan dan penyelamatan korban, sehingga dapat menjamin keselamatan masyarakat,” harap Gubernur.

Selai itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ambon, Mustari, mengaku tetap siaga menghadapi berbagai kemungkinan peristiwa, akibat dampak cuaca dan iklim di Maluku. Meski cuaca yang dihadapi tiap tahunnya memang sesuai siklus angin yang berlangsung di Maluku, kesiapan fasilitas maupun personil tetap dilakukan. Kemudian, kegiatan kemanusiaan Basarnas terhadap korban bencana dilakukan dengan kekuatan personil. Operasi kemanusiaan yang dilakukan juga turut bersinergi dengan unsur terkait.

“Berharap tingkat kecelakaan di tahun ini dan mendatang bisa berkurang sehingga aktivitas masyarakat Maluku dapat berjalan dengan baik,” harap Mustari.

Sebagai informasi, sejumlah pimpinan Forkopimda lingkup provinsi Maluku seperti Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latief, Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Ruruh Aris Setyawibawa serta Bupati Kabupaten Kepulauan Aru Dr. Johan Gonga dan Pj. Walikota Ambon, Boedewin Wattimena memberikan ucapan selamat HUT ke-51 Basarnas secara virtual.

Acara dihadiri Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Maluku, Ismail Usemahu, perwakilan pimpinan Forkopimda lingkup Pemprov/Pemkot Ambon dan lainnya.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *