Akademisi Unpatti Ubah Komoditi Ikan “Balobo” Kepulauan Aru Berdaya Saing Tinggi

Pendidikan

Maluku,CakraNEWS.ID- Sostones Y Sosinaru, Erwin Ubwarin dan Nelson Gasperzs memenangkan Hibah Dana Direktorat Riset dan Pengembagangan Masyarakat Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, dengan program ungulan dengan judul “Pemberadayaan Masyarakat dengan Meningkatkan Produksi Ikan Asin Balobo yang Higienis dan Berdaya Saing”.

“Ikan Balobo bagi orang Kepulauan Aru sudah tidak asing lagi, rasanya enak dan gurih, apalagi dimakan dengan sagu pom-pom,” tutur Sostenes Sisinaru kepada CakraNEWS.ID, melalui pesan selulernyam Sabtu (7/9/2019)

menurut Sisinaru, berbicara tentang Maluku Peringkat ke-4 termiskin harus dengan tindakan kongkrit menyelesaikan permasalahan yang ada.

“Untuk itu kami bertiga melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat melakukan pembenahan produk ikan asin ‘Balobo’ dengan merubah kemasan, alur produksi, mengurus izin Sertifikat Produksi Pangan-Industri Rumah Tangga (SPP-IRT), dan membantu mengurus izin halal. Dengan perbaikan ini terbukti omset penjualan ikan balobo higenis naik, dan biaya produksi dapat ditekan karena memakai teknologi,”tutur Calon Doktor Muda Jebolan Fakultas Hukum Universitas Pattimura Itu.

Bagi sostones, ikan balobo tidak boleh sampai dinikmati oleh orang Maluku saja, namun juga harus dinikmati oleh orang Indonesia, karena  ikan ini merupakan produk ungulan Maluku. (CNI-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *