Al-hujarat Berdonasi Buku dan Al-Qur’an di Dusun Laala SBB

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– Puluhan pengurus komunitas Al-hujarat Intelektual, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, berdonasi buku dan Al-Qur’an untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTS) dan bagi empat Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di Dusun Laala, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) pada Selasa, (28/09/2021) kemarin.

Pengurus Al-hujurat intelektual, Pandi Rumra saat dikonfirmasi media ini mengatakan, mereka bertolak dari Kota Ambon menuju Dusun Laala pada Selasa, (28/09) pagi. Tibanya di sana sekitar pukul 11:00 Wit. Sesaat tiba, langsung menuju sekolah dan TPQ yang menjadi sasaran pembagian buku dan Al-Qur’an.

“Kami bertolak dari Ambon pada Selasa pagi. Sampai di Dusun Laala itu jam 11:00 Wit, hampir siang. Setelah tiba kami sempat bertemu, berbincang dengan pihak sekolah dan masyarakat. Menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan kami,” kata Pandi, via telpon seluler pada Rabu, (29/09).

Pendi menjelaskan, buku yang dibagikan seperti K-13, tematik buku Agama dan buku-buku bacaan umum. Serta Al-Qur’an dan buku Iqro. “Kita bagikan untuk dua madrasah dan di empat TPQ,” kata Pandi.

Soal pendidikan kata mahasiswa IAIN Ambon ini, sebagai anak muda Maluku, kita semua punya tanggung jawab untuk melihat kondisi pendidikan. Apalagi saat ini Maluku minim kelas literasi. “Kita harapkan semangat literasi pendidikan di Maluku tetap hidup”

Apalagi hematnya, di hampir semua Kabupaten di Maluku, kelas literasi masih menim. Sudah begitu kondisi pendidikan juga kurang diperhatikan oleh Pemerintah Provinsi maupun Daerah.

“Untuk Dinas Pendidikan di Kabupaten dan Provinsi, perlu diingat bahwa perubahan satu daerah itu juga tergantung Pendidikan. Karena maju dan tidaknya tergantung juga dari paradigma berfikir,” katanya.

Sementara wakil Direktur Al-hujurat intelektual Risno Ibrahim menambahkan, pada akhirnya tidak ada pertanyaan apa titel anda, di mana anda sekolah. Namun baginya, satu-satunya yang intim dan puitis ialah, apa yang sudah kamu lakukan.

“Al-hujurat berdonasi buku dan Quran kepada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTS), dan 4 TPQ di Dusun Laala, Kecamatan Huamual, Kabupaten SBB,” singkat.

Dirinya juga menyampaikan ras terimakasih bagi yang telah membantu, baik secara moril maupun materil. “Semoga kebaikan saudara-saudari dibalas oleh Allah SWT,” katanya.

Sekedar tahu, komunitas Al-hujarat Intelektual dibentuk pada tahun 2017 oleh sekelompok mahasiswa IAIN Ambon, yang haus akan ilmu pengetahuan. Rutinitas sehari-hari selain membaca, dilanjutkan dengan kajian mingguan.*** RDKS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *