Alham Terpilih Pimpin Forum RT/RW Wilayah Administrasi Negeri Batu Merah

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– FORUM Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) negeri Batu Merah menggelar urung rembuk dalam rangka pemilihan ketua forum.

Kegiatan tersebut digelar di Infinity Kafe, Jalan Jenderal Soedirman Tantui Atas, Desa Batu Merah, Minggu (03/07).

Pantauan media ini, terpilih secara aklamasi ketua Forum RT/RW ialah Alham Valeo, ketua RT 09/RW 19.

Alham saat dikonfirmasi perihal agenda urung rembuk ketua-ketua RT/RW itu mengakui, adanya kegiatan dimaksud.

Alham menyatakan, tujuan forum terbentuk untuk membantu efektifitas pemerintahan negeri Batu Merah bukan saja kontek kerjasama struktural administratif tapi ke dimensi lebih luas terutama dalam hal kerjasama ke-wira-usaha-an pemberdayaan UMKM serta penciptaan lapangan pekerjaan dengan memaksimalkan segala potensi sumberdaya yang dimiliki masing2 RT/RW.

“Pointnya untuk mencapai percepatan kemajuan ekonomi sosial budaya dan kamtibnas. Dan juga forum ini terbentuk sebagai mitra utama pemerintah negeri disamping sbgai wadah komunikasi,musyawarah kolektif RT RW negeri Batu Merah,” ungkap Alham.

Dikatakan, forum ketua RT/RW dibentuk untuk menguatkan sinergitas antar pimpinan RT/RW dengan pemerintah negeri dalam segala segi, baik pelayanan publik hingga pembangunan bahkan membangun kemitraan untuk usaha bersam dengan UMKM.

Alham mengakui, pada dasarnya RT/RW merupakan Lembaga kemasyarakatan yang dibentuk Pemerintah Kelurahan/Negeri sebagai bagian wilayah administrasi kelurahan untuk memelihara dan melestarikan nilai-nilai kehidupan yang berdasarkan kegotongroyongan kekeluargaan, membantu meningkatkan kelancaran tugas pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan di negeri serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan ekonomi dan infrastruktur.

“Forum ini dibentuk tentunya untuk membantu kordinasi, kuatkan sinergitas dalam rangka pembangunan wilayah administratif Pemerintahan negeri Batu Merah dalam pelayanan administrasi, kemasyarakatan, kamtibmas maupun pembangunan lainnya,” akui dia.

Pembentukan forum memiliki tujuan-tujuan tertentu yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, kata dia.

Kedudukannya kata Alham yang berada di lingkup terkecil dari suatu wilayah administrasi di negeri/Kalurahan, selalu berhadapan langsung dengan masyarakat, sehingga mempunyai peran dan fungsi yang sangat strategis bagi menjalankan fungsi-fungsi pemerintahan di tingkat negeri alias desa.

Forum ini untuk mempertegas Fungsi ketua ketua RT maupun RW di wilayah administrasi negeri Batu Merah yang mana fungsinya, menegaskan adanya aktivitas pendataan kependudukan dan pelayanan administrasi pemerintahan lainnya secara berkesinambungan.

“Mempertegas pemeliharaan keamanan, ketertiban dan kerukunan antar warga. Pembuatan gagasan dalam pelaksanaan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat. Sebagai penggerak swadaya gotong royong dan partisipasi masyarakat di wilayah masing-masing yang berefek pada pembaharuan ekonomi warga,” jelas dia.

Diakui, banyak dan tidak mudah, itulah tugas yang dilaksanakan lembaga RT/RW. Untuknya penting kiranya adanya forum ini untuk saling berkordinasi sesama RT di wilayah administrasi negeri Batu Merah.

“Harapannya, forum ini aktif sehingga keberfungsian RT/RW yang optimal di tengah masyarakat, membuat kegiatan kemasyarakatan, pembangunan, pemberdayaan dan pembinaan di di lingkungan negeri Batu Merah berjalan lebih baik dan terselenggara dengan lebih optimal,” pungkas dia.*** CNI-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *